1. Apa yang kamu ketahui tentang teks eksplanasi?

Posted on

Jawab:
2. Mengapa teks eksplanasi menyajikan fakta peristiwa yang terjadi?
Jawab:
3. Buatlah teks eksplanasi tentang cara membuat kompor tenaga surya! Soal High Order Thinking Si
Jawab:
4. Sebutkan struktur teks eksplanasi dari teks yang kamu buat pada soal nomor 3!
Jawab:
5. Buatlah kalimat efektif yang berkaitan dengan globalisasil
Jawab:

PLISS BANTU JAWAB.​

1. Apa yang kamu ketahui tentang teks eksplanasi?

1.Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

2.karena fakta dalam teks eksplanasi menjelaskan mengenai sebab dan akibat sebuah peristiwa atau fenomena sosial / alam yang terjadi dan untuk memberi contoh dan memudahkan pembaca memahami sebuah teks.

3.PERLENGKAPAN :

– Dua kotak kardus (satu lebih besar dan satu lebih kecil) dan dimensi kotak yang lebih kecil harus 38cmX38cm sedangkan kotak yang lebih besar harus 1.5cm lebih besar dari yang lebih kecil. Kedua kotak ini dapat disesuaikan dengan memotong & menempelkannya. Tapi, jarak antara kedua kotak ini seharusnya tidak sama.

– 4 hingga 8cm satu lembar karton untuk tutupnya, yang seharusnya lebih besar dari pada kotak luar.

– Eksternal reflektif untuk menjebak seperti cermin, satu gulungan aluminium foil, permen karet putih, pisau kotak dan gunting.

– Satu kaleng cat semprot datar hitam gunakan yang tidak beracun saat kering.

– Kantong plastik untuk menutup penutup atau membuka kompor dari semua sisi

– Sebuah koran untuk isolasi yang tepat di dalam kotak kardus

cara membuat:

Langkah 1

Lipat bantalan atas ditutup pada kotak yang lebih besar dan tempatkan kotak sebelah dalam di atas dan letakkan garis di mana-mana ke atas kotak yang lebih besar. Lepaskan kotak yang lebih kecil dan potong ujung ke ujung untuk membuat lubang di bagian atas kotak yang lebih besar. Pertahankan jarak antara kedua kotak ini.

Langkah 2

Dengan menggunakan gunting atau pisau, potong sudut kotak dalam (kotak kecil ke ketinggian itu. Lipat setiap sisi kotak ke bawah untuk membentuk lipatan yang diperpanjang. Lipat itu sederhana, jika Anda pertama kali menggambar garis tetap dari ujung yang satu ke yang lainnya

Langkah-3

Beberapa lilitan koran berkerut ke dalam kotak luar sehingga ketika Anda memperbaiki kotak kecil di dalam lubang di kotak luar, bantalan pada kotak bagian dalam menyentuh bagian atas kotak luar. Tempelkan bantalan ini ke bagian atas kotak luar dan potong panjang bantalan ekstra agar rata dengan tepi kotak luar.

Bagaimana Cara Membuat Kompor Surya dan Cara Kerjanya?

Terakhir, untuk membuat wajan, potong bagian dari kardus yang mirip dengan bagian bawah oven dan oleskan foil ke satu sisi. Cat semprotan cat hitam di sisi lapisan dan biarkan kering. Tempatkan ini di dalam oven sehingga terletak di ujung kotak kecil, dan letakkan wadah Anda di atasnya saat memasak. Sekarang pangkal kompor selesai.

Bagaimana Cara Membuat Kompor Surya dan Cara Kerjanya?

Langkah-4

Bantalan reflektor kotak kardus dapat dirancang dengan menggambar garis pada tutupnya. Buat potongan persegi panjang tiga sisi di sekitar kotak dan lipat bantalan yang dihasilkan untuk membuat reflektor. Untuk mendesain bagian lengkungan penyangga 30cm dari kawat gantungan seperti yang ditentukan dalam diagram, maka dapat disuntikkan ke dalam gelombang seperti yang ditunjukkan.

4.Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta interpretasi. 2. Informasi yang dimuat dengan berdasarkan fakta (faktual). 3. Faktual tersebut memuat informasi yang sifatanya itu ilmiah/keilmuan, contohnya seperti sains.

5Membuat Kalimat Efektif Yang Berkaitan Dengan Globalisasi

1. Era globalisasi membuat dunia menjadi tak terbatas.

2. Contoh dampak globalisasi adalah masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia.

like, follow jdikn yg terbaik;)