10. bagaimana perbedaan delajat antara manusia yang, memiliki ilmu tinggi dan manusia yang ilmunya dangkal?

Posted on

tolong dijawab ya

10. bagaimana perbedaan delajat antara manusia yang, memiliki ilmu tinggi dan manusia yang ilmunya dangkal?

Jawaban

Dalam Qur’an Surah Al-Mujadallah/58:11 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

11. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Maka sudah jelas tertera bahwa derajat orang yang memiliki ilmu tinggi dimuliakan oleh Allah SWT karena seorang muslim yang memiliki ilmu akan dapat membedakan yang mana yang baik dan yang mana yang buruk, serta dapat mengerjakan perintah Allah SWT lebih baik karena didampingi ilmu, dibandingkan orang yang memiliki ilmu yang dangkal.

Semoga Membantu!

Jawaban:

Semua manusia berawal dari Allah SWT, dan akan kembali kepada-Nya. Hal ini sekaligus menghanguskan kemuliaan semu berdasarkan ras, jenis kelamin, keturunan, harta, jabatan, dan sebagainya. Firman Allah SWT,Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu adalah yang paling bertaqwa. (QS Alhujurat: 13 )

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU JADIKAN JAWABAN TERCEDAS YA KAKAK :((: