Bagaimana ruang lingkup operasi perusahaan pada klinik spesialis gigi sebagai perusahaan jasa

Posted on

Bagaimana ruang lingkup operasi perusahaan pada klinik spesialis gigi sebagai perusahaan jasa

Ruang Lingkup Operasi Perusahaan Jasa – Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual atau menawarkan produk jasa bagi para konsumennya. Produk yang dihasilkan dari perusahaan ini bukan berbentuk barang namun berupa jaya yang hanya bisa dinikmati oleh konsumennya sehingga konsumen tidak bisa menyimpan hasilnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa hasil atau produk dari perusahaan ini bersifat abstrak. Setiap perusahaan baik di bidang jasa maupun di bidang lainnya seperti perusahaan dagang dan sebagainya memiliki ruang lingkup dalam produksinya.

Berbicara mengenai ruang lingkup dari perusahaan, perusahaan jasa juga memiliki ruang lingkup. Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang hanya menyediaka dan menjual produk jasa saja bagi konsumennya. Perusahaan ini tidak memiliki persediaan bahan baku dan tidak juga memproduksi barang. Begitupun juga jasa yang dihasilkan perusahaan itu yang hanya bisa dinikmasti oleh konsumen pada saat jasa itu diberikan kepada konsumen. Jadi jika berbicara mengenai ruang lingkup operasi perusahaan jasa, ruang lingkupnya dimulai pada saat menyiapkan jasa hingga pada saat menjualnya. Seperti misalnya pada jasa dokter, ruang lingkupnya mulai dari saat dokter memeriksa pasien dan memberikan resep obat pada pasien. Ruang lingkup dari perusahaan jasa ini bisa dibilang tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada konsumen hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya pada konsumen tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang lain, seperti misalnya perdagangan yang mana ruang lingkupnya lebih luas dan lebih panjang seperti. Dalam perusahaan dagang, ruang lingkupnya dimuali dari saat membeli produk dari perusahaan manufaktur misalnya kemudian menyimpannya untuk sementara tanpa merubah produk tersebut hingga saat kemudian menjualnya kembali kepada para konsumen. Perusahaan jasa juga berbeda dengan perusahaan dagang dimana perusahaan dagang menjual atau menawarkan produk barang yang bisa diterima, bisa disimpan dan terkadang bisa seragam untuk sampai kepada konsumen.