Tabel 2.2 Data hasil pengamatan menyelidiki perkembangbiakan pada beberapa tanaman

Posted on

Tabel 2.2 Data hasil pengamatan menyelidiki perkembangbiakan pada beberapa tanaman

Jawaban Terkonfirmasi
  • Cocor bebek : dengan cara membentuk tunas adventif
  • Bawang merah : dengan cara umbi lapis
  • Jahe : dengan cara rhizom
  • Stroberi: dengan cara stolon
  • Ketela pohon : dengan cara stek, dan umbi batang
  • Tebu : dengan cara membentuk tunas
  • Bambu : dengan cara membentuk tunas
  • Pisang :  dengan cara membentuk tunas


Pembahasan

Perkembangbiakan tanaman dapat terjadi secara generatif maupun vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif merupakan perkembang biakan secara kawin, yaitu terjadi peleburan sel kelamin jantan dan betina. Sedangkan Perkembangbiakan vegetatif adalah Perkembangbiakan yang terjadi secara tidak kawin.

Reproduksi vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif merupakan cara perkembangbiakan tanaman secara tidak kawin. Pada reproduksi vegetatif tidak terjadi peleburan sel kelamin jantan dan betina. Perkembangbiakan vegetatif dapat terjadi secara alami dan buatan. Reproduksi vegetatif buatan sering dilakukan dengan sengaja oleh manusia untuk memperbanyak jumlah tanaman.  

Berikut cara reproduksi vegetatif buatan pada tanaman

  1. Setek : merupakan metode perbanyakan tumbuhan secara vegetatif yang dilakukan dengan cara memotong bagian tertentu pada tanaman (akar, batang, atau daun) lalu dipindahkan ke media tumbuh (tanah) sehingga terbentuk tanaman baru.
  2. Cangkok : merupakan metode perbanyakan tumbuhan secara vegetatif yang dilakukan dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar pada saat bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk.  
  3. Kultur jaringan : merupakan metode perbanyakan tumbuhan secara vegetatif yang dilakukan dengan mengisolasi bagian dari tumbuhan seperti sel atau jaringan yang kemudian ditumbuhkan dalam media dengan nutrisi lengkap dengan kondisi aseptik.

Berikut cara reproduksi vegetatif alami pada tanaman

  1. Umbi batang : merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara adanya pertumbuhan batang di dalam tanah, yang mana batang tersebut akan mengembang dan membentuk suatu umbi. umbi adalah tempat penyimpanan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi batang adalah ubi jalar, kentang.
  2. Rhizoma : merupakan akar tinggal atau rimpang. Dari rimpang tersebut, akan dapat tumbuh batang baru yang menjalar pada permukaan maupun dalam tanah. contoh tanaman yang bereproduksi dengan Rhizoma adalah jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas.
  3. Umbi lapis : merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara tumbuhnya daun pada bagian pelepah daun tipis yang berlapis-lapis. Selain tumbuh daun pada bagian atas, juga akan tumbuh akar pada bagian bawah membentuk akar serabut.  Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi lapis adalah bawang merah, tulip, bunga bakung, bawang putih.
  4. Umbi akar : merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara tumbuhnya bagian tumbuhan yang berasal dari umbi akar. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah singkong, wortel, lobak, dan tanaman tahlia.
  5. Stolon (geragih) : merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara adanya batang yang tumbuh secara mendatar pada bagian permukaan tanah dan bagian tumbuhan yg menyentuh tanah tersebut nantinya akan tumbuh akar. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara geragih atau stolon adalah stroberi, arbei, antanan, dan rumput.
  6. Tunas : merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara adanya pertumbuhan tunas baru dari dalam tanah yang tumbuh disekitar tanaman induk. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara tunas adalah tebu, bambu, dan pisang.
  7. Tunas adventif : merupakan tunas yang tumbuh pada bagian tepi daun atau bagian akar. Perkembangbiakan dengan cara tunas adventif merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara tumbuhnya tanaman baru dari bagian tepi daun. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara tunas adventif yaitu cocor bebek.
  8. Spora : adalah sel-sel yang terbungkus oleh lapisan tipis sebagai pelindung. Spora dikenal sebagai alat persebaran biji pada tumbuhan berpembuluh. Cara perkembangbiakan dengan spora ini merupakan cara perkembangbiakan vegetatif alami dengan tumbuhnya tanaman baru yang berasal dari spora yang jatuh ke tanah. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara spora adalah lumut, paku, dan suplir.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang perkembangbiakan secara generatif brainly.co.id/tugas/1730644

2. Materi tentang keuntungan dan kerugian reproduksi vegetatif brainly.co.id/tugas/870482

—————————–

Detil jawaban  

Kelas: XII SMA

Mapel: Biologi

Bab: Pertumbuhan dan Perkembangan  

Kode: 12.4.1

Kata Kunci: reproduksi vegetatif alami, reproduksi tanaman vegetatif,  

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban