tehnik atau metode apa yang dapat menunjukan residu nikotin dalam darah dari orang yang duduk dekat seorang perokok ketika naik bus kota​

Posted on

tehnik atau metode apa yang dapat menunjukan residu nikotin dalam darah dari orang yang duduk dekat seorang perokok ketika naik bus kota​

Jawaban Terkonfirmasi

Campuran adalah suatu zat yang tersusun atas beberapa materi. Tehnik atau metode yang dapat menunjukkan residu nikotin dalam darah dari orang yang duduk dekat seorang perokok ketika naik bus kota​ adalah metode HPLC (High Performance Liquid Chromatography).

Pembahasan:

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan berbagai contoh campuran. Sebagai contoh saat kita membuat teh celup, itu termasuk campuran. Campuran adalah suatu zat yang tersusun atas beberapa materi. Secara umum, macam-macam campuran terdiri atas:

  • Campuran homogen: campuran yang tercampur merata dan tidak terbentuk endapan atau sering disebut dengan larutan. Contoh larutan gula dan larutan garam.
  • Campuran heterogen: campuran yang tercampur tidak merata dan terbentuk endapan. Contoh campuran air dan kopi.

Untuk memisahkan campuran, metode-metode yang digunakan antara lain sebagai berikut:

  • Filtrasi: salah satu metode pemisahan campuran melalui penyaringan.
  • Sublimasi: salah satu metode pemisahan campuran berdasarkan  ukuran dan kerapatannya dengan pemanfaatan gaya sentripetal.
  • Kromatrografi: salah satu metode pemisahan campuran berdasarkan kecepatan partikel. Contoh untuk memisahkan residu nikotin dalam darah dengan metode HPLC (High Performance Liquid Chromatography). Metode HPLC adalah pemisahan molekul dengan media cair yang diberikan tekanan tinggi.
  • Destilasi: salah satu metode pemisahan campuran melalui penguapan dan pengembunan.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Kimia

Bab: Kimia Unsur

Kode: 12.7.3

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3