Hal yang harus dilakukan terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa adalah

Posted on

Hal yang harus dilakukan terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa adalah

Yang paling penting untuk diingat, jangan pernah membuang obat-obatan ke sembarang tempat sampah untuk menghindari penjualan kembali oleh para oknum yang tidak bertanggungjawab yang bisa berisiko bagi kesehatan.

Obat berupa vitamin atau mineral yang sudah tidak bisa dikonsumsi masih bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Jika obat berbentuk kapsul, keluarkan isisnya dan buang cangkangnya secara terpisah. Jika obat berupa tablet, hancurkan terlebih dahulu sebelum akhirnya ditaburkan ke atas tanah yang akan ditanami.

Jika anda masih ragu akan dampak obat-obatan kadaluarsa yang anda miliki dan tak ingin disalahgunakan oleh pihak lain, bawa saja obat-obatan tersebut ke rumah sakit atau apotek terdekat. Biasanya pihak rumah sakit atau apotek selalu melakukan pemusnahan obat yang tidak bisa digunakan kembali secara rutin.

Untuk mencegah penyalahgunaan obat obatan yang sudah kadaluarsa oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, perlu diingat pada saat membuang kemasan obat tersebut hendaknya kondisi kemasannya sudah dirusak atau disobek terlebih dahulu.

Mengahncurkannya karena bila kita membuangnya begitu saja akan mempengaruhi lingkungan sekitar kita terutama di lingkungan yang berdekatan dengan air. Selain itu, di zaman sekarang dia ada beberapa orang (oknum yang tak bertanggung jawab) mengambil obat kadaluarsa tersebut lalu menjualnya agar mendapat keuntungan yang besar. Jadi menurut saya sebaiknya obat obatan yang sudah kadaluarsa tersebut sebaiknya kita hancurkan terlebih dahulu lalu kita buang.