Mengapa planet planet mengelilingi matahari?

Posted on

Mengapa planet planet mengelilingi matahari?

Jawaban Terkonfirmasi

Planet mengelilingi Matahari akibat adanya interaksi gaya gravitasi antara Matahari dan planet.

Pembahasan:

Di Sistem Tata Surya kita terdapat 8 planet yang mengelilingi Matahari. Planet-planet ini yaitu (dari yang paling dekat dengan Matahari): Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.    

Setiap planet di Tata Surya, termasuk Bumi, bergerak atau beredar mengelilingi Matahari dalam gerak Revolusi. Gerak revolusi setiap planet terjadi dalam waktu yang teratur. Pada revolusi Bumi misalnya, waktunya menempuh waktu 1 tahun atau 365,25 hari.

Menurut pendapat Isaac Newton, pergerakan planet di orbitnya ini adalah  fenomena gaya gravitasi. Gravitasi ini disebabkan oleh massa matahari dan planet.  

Gaya grafitasi (Fg) ini akan menyebabkan percepatan sentripetal (a) pada planet dengan massa (m). Percepatan sentripetal ini akan berinteraksi dengan gerak lurus planet, yang menyebabkan planet ini bergerak dengan arah melingkar, sehingga membentuk orbit elips mengelilingi matahari.  

Johannes Kepler, seorang ilmuwan Jerman pada abad ke-17, merumuskan pola rotasi dari planet-planet ini dalam Hukum Kepler, yang menyatakan bahwa:

  1. Planet mengitari matahari dalam orbit yang berbentuk elips atau melonjong, bukan lingkaran sempurna. Matahari berada di salah satu ttiik fokus elips ini.
  2. Luas daerah yang disapu oleh garis antara matahari dengan planet adalah sama untuk setiap periode waktu yang sama. Sehingga keceepatan meningkat saat mendekati matahari dan menurun saat menjauhi matahari.
  3. Kuadrat waktu yang diperlukan oleh planet untuk menyelesaikan satu kali orbit sebanding dengan pangkat tiga jarak rata‐rata planet‐planet tersebut dari matahari.  

Pelajari lebih lanjut benda-benda langit yang mengelilingi matahari di: brainly.co.id/tugas/13792807

Pelajari lebih lanjut planet yang paling lama kala revolusinya di: brainly.co.id/tugas/13681944  

Pelajari lebih lanjut orbit (jalur) planet yang mengelilingi matahari di: brainly.co.id/tugas/60598  

—————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 10.8.3

Kelas: X

Mata pelajaran: Geografi      

Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya