Tuliskan 3 sifat sifat bunyi dalam keterkaitannya dengan indra pendengaran

Posted on

Tuliskan 3 sifat sifat bunyi dalam keterkaitannya dengan indra pendengaran

1.GELOMBANG BUNYI MEMERLUKAN MEDIUM

Karena bunyi merupakan gelombang yang bergerak, maka dalam pergerakannya, gelombang bunyi memerlukan media penghantar, sebagaimana yang telah disampaikan di atas. Tanpa adanya media penghantar yang berupa zat gas, cair, dan padat, gelombang bunyi tidak dapat tersampaikan.

Contohnya adalah astronot di luar angkasa yang hampa udara. Di ruang hampa udara, bunyi tidak dapat terdengar, meski ada sumber bunyinya. Ini karena di luar angkasa tidak ada media penghantar bunyi (dalam hal ini udara).

2. GELOMBANG BUNYI DAPAT DIPANTULKAN

Di antara sifat-sifat bunyi adalah dapat mengalami pemantulan (refleksi), ini karena bunyi merupakan gelombang longitudinal, sifat umum gelombang (seperti wi-fi, ombak, dll) adalah dapat dipantulkan. Begitu juga dengan bunyi.

Sebagaimana jenis gelombang yang lain, hukum pemantulan pada bunyi juga sama, yaitu sudut datang = sudut pantul. Inilah mengapa jika kamu berbicara di ruangan tertutup, akan terjadi yang namanya gema (gaung), itu karena pantulan yang dihasilkan bersamaan dengan bunyi asli.

3. GELOMBANG BUNYI DAPAT DIBIASKAN

Salah satu sifat gelombang yang juka berlaku pada bunyi adalah mengalami pembiasan (refraksi). Contohnya adalah fenomena petir yang terdengar lebih keras pada malam hari dibanding siang. Ini karena suhu udara atas pada siang hari lebih dingin dibanding suhu udara bawah. Sementara pada malam hari sebaliknya.

Suhu udara yang lebih panas menyebabkan bunyi mengalami pembiasan, sehingga suara yang dihasilkan tidak sekeras suara aslinya