Contoh perubahan budaya, komunikasi, ekonomi, IPTEK, trasportasi​

Posted on

Contoh perubahan budaya, komunikasi, ekonomi, IPTEK, trasportasi​

1. Cara Berkomunikasi

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan yang besar dalam cara kita berkomunikasi. Dulu kita sering melakukan surat-menyurat, dikirim terus menunggu balasan, kalau apes mungkin surat kita kekirim ke orang lain.

Kalau sekarang sangat mudah, pakai smartphone ataupun Komputer kita bisa berkomunikasi secara kilat dengan berbagai media aplikasi.

2) Ekonomi

Dalam faktor ekonomi, hampir menyinggung seperti ekonomi. Contoh saja masyarakat lebih memilih berlibur ke luar negri dibanding dalam negri. Membeli barang merk luar negeri dibanding negara sendiri.

3) Budaya

Sudah banyak contoh budaya yang berubah akibat perubahan sosial budaya, dari perayaan yang sebelumnya tidak ada di Indonesia seperti valentine, budaya merayakan ulang tahun dan sebagainya. Selain itu banyak anak muda yang suka budaya Jejepangan seperti Cosplay.

4) Transportasi

Sektor transportasi termasuk contoh perubahan sosial. Dulu orang bepergian dengan hewan, namun kini ada banyak kendaraan yang bisa digunakan. Selain itu di era digital juga ada inovasi transportasi online sehingga kian memperbanyak ragam kendaraan.