Sidang PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 diadakan di …

Posted on

Sidang PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 diadakan di …

Jawaban Terkonfirmasi

Sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 diadakan di … Gedung Cuo Sangi in (sekarang bernama Gedung Pancasila), Jakarta.

Pembahasan:

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) melakukan sidang untuk menyusun pemerintahan Indonesia yang baru. Sidang ini dilakukan pada 18 Agustus 1945, bertempat di Gedung Cuo Sangi in (sekarang bernama Gedung Pancasila), Jakarta.

Dalam sidang pertama PPKI mengesahkan Undang-Undang 1945 sebagai konsitusi atau dasar negara.  Dalam sindang ini pula hasil Rumusan Panitia Sembilan ditetapkan sebagai Pembukaan UUD 1945. Butir pertama yang berisi kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluknya, diganti menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Dalam sidang ini, juga dipilih dua proklamator, Ir Sukarno dan Muhammat Hatta, sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Mereka berdua dicalonkan oleh Otto Iskandardinata. Pemilihan ini dilakukan secara aklamasi (keputusan bulat tanpa perhitungan suara) karena tidak ada calon lain yang diajukan.  

Keduanya dipilih terutama karena jasa-jasanya sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia dan karena keduanya sudah konsisten memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan.

—————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:  

Uraikan perumusan ideologi negara Indonesia era kemerdekaan

brainly.co.id/tugas/14662540

Detail Jawaban    

Kode: 9.10.3

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS / Sejarah  

Materi: Bab 3 – Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (1945-1949)

Kata kunci: Sidang PPPKI