Tuliskan salah satu contoh bentuk bumi akibat gerakan transform

Posted on

Tuliskan salah satu contoh bentuk bumi akibat gerakan transform

Jawaban:

Salah satu contoh bentuk muka bumi akibat gerakan transform adalah Sesar San Andreas yang terbentuk karena lempeng Samudera Pasifik yang bergesekan dengan lempeng Daratan Amerika Utara.

Penjelasan:

Halo, BrainlyLovers!

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah tantangan dari kajian geografi dengan tema pergerakan lempeng tektonik.

Teori lempeng tektonik muncul pada tahun 1967 diman dikatakan bahwa bagian luar dari lapisan litosfer bumi ini terpecah dan terbagi menjadi 10 lempeng utama. Lempeng-lempeng ini bergerak dengan arah masing-masing dan menjadi 3 jenis gerakan yaitu gerakan konvergen, gerakan divergen dan gerakan transform.

Gerakan transform merupakan gerakan yang secara horizontal itu memisah dan bergerak saling menjauh diantara lempeng-lempeng itu. Daerah yang mengalami pergeseran lempeng transform ini disebut dengan batas transform.

Salah satu contoh daerah batas transform ini adalah di benua Amerika dimana sesar San Andreas terbentuk akibat bergesernya lempeng tektonik Samudera Pasifik dan lempeng tektonik daratan Amerika Utara yang saling menjauh.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya dan semoga bermanfaat

Jangan lupa jadikan sebagai jawaban yang terbaik ya