Modifikasi batang markisa​

Posted on

Modifikasi batang markisa​

Pembahasan:

1. Tumbuhan Markisa

Tanaman markisa (Pssiflora quadrangularis) merupakan tumbuhan semak atau poho yang hidup menahun dan bersifat merambat atau menjalar hingga panjang 20 meter atau lebih. Batang tanaman berkayu tipis, bersulur, dan memiliki banyak percabangan yang kadang-kadang tumbuh tumpang tindih. Pada stadium muda, cabang tanaman berwarna hijau dan setelah tua berubah menjadi hijau kecoklatan. Daun tanaman sangat rimbun, tumbuh secara bergantian pada batang atau cabang. Tiap helai daun bercaping tiga dan bergerigi, berwarna hijau mengilap.

2. Apa sih modifikasi?

Modifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengubahan. Maksudnya adalah dilakukan pengubahan dari bentuk semula. Modifikasi pada motor adalah pengubahan terhadap motor dari kondisi standar pabrik. Modifikasi motor berarti mengubah kondisi motor standar pabrik dengan mengganti komponennya.

3. Apa penyebab terjadinya modifikasi pada tumbuhan?

Alasan terdapat modifikasi akar, batang dan daun :

Hal itu terjadi karena pengaruh dari tempat dimana tumbuhan tinggal, secara otomatis maka organ-organ tumbuhan akan menyesuaikan tempat ia tinggal agar tumbuhan tetap bisa hidup dan berkembang biak.

Jawaban:

modifikasi batang markisa​….

Berupa sulur markisa yang berfungsi untuk melekat pada tiang rambatan atau tanaman penegaknya dan mengikat cabang. Sulur tumbuh pada bagian ketiak daun atau ruas-ruas cabang.

Mapel    : Ilmu Pengetahuan Alam

Tingkat  : Sekolah Menengah Pertama

Kelas      : lX

Kategori : Modifikasi pada Tumbuhan