Tulislah dalil nash tentang qiyas !​

Posted on

Tulislah dalil nash tentang qiyas !​

1.    Dalil dalil dari al qur’an

a.    Surat An Nisa’ ayat 59 :

ياأيهاالذين امنواأطيعوااللهوأطيعواالرسول وأولى الأمر منكم وإنتنازعتم فى شيء فردوه إلى اللهوالرسول إن كنتم تؤمنون بالله واليومالأخر ذالك خيروأحسن تأويلا

“Hai orang-orang yg beriman taatilah Allah dan taatilah rosulNya dan ulil amri di antara kamu, kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al qur’an) dan rosul (sunnah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, yg demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya”.

Metode pengambilan dalil dengan ayat diatas ialah karena Allah memerintahkan kepada kaum yg beriman jika berselisih pendapat dan berlawanan terhadap sesuatu yg tidak terdapat hukumnya dalam al qur’an, sunnah dan ijma’, agar mengembalikan persoalan kepada al qur’an dan sunnah dengan cara bagaimanapun juga. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa menghubungkan kejadian yg tidak ada nashnya lantaran ada kesamaan illat hukum nash, itu termasuk mengembalikan kejadian yg tidak ada nashnya kepada Allah dan rosulNya yg mengandung Pengertian taat kepada hukum Allah dan rosulNya.

b.    Surat Al Hasyr ayat 30 :

فاعتبرواياأولى الأبصار

“Maka ambilah kejadian itu untuk menjadi pelajaran hai orang orang yg mempunyai pandangan”.

Metode pengambilan dalil dengan ayat diatas adalah karena setelah Allah menceritakan keadan orang yahudi bani Nadzir yaitu diusirnya mereka dari madinah sebagai balasan kekafiran mereka dan melanggar kesepakatan yg mereka buat dengan rosul, kemudian Allah memerintah kita untuk mengambil pelajaran dan mengangan-angan sebab siksaan yg mereka terima. Allah berfirman yg Pengertiannya maka ambilah kejadian itu untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yg mempunyai pandangan. Maksudnya : qiyaskanlah kalian dengan mereka, karena kalian adalah manusia sebagaimana juga mereka, jika kalian berbuat seperti perbuatan mereka, maka kalian akan tertimpa siksa sebagaimana yg menimpa mereka.