Contoh nilai yang dibatasi oleh waktu adalah.. a.sosial b. budaya c. agama d. moral e. kemanusiaan

Posted on

Contoh nilai yang dibatasi oleh waktu adalah.. a.sosial b. budaya c. agama d. moral e. kemanusiaan

Jawaban Terkonfirmasi

Pembahasan

Jawaban :

contoh nilai yang dibatasi oleh waktu adalah (b.) nilai budaya.

pengertian nilai budaya:

Secara garis besar, nilai budaya adalah nilai-nilai yang tertanam dalam kehidupan masyarakat dalam lingkup terkecil hingga terbesar, yang disepakati dimana nilai tersebut berhubungan dengan kebiasaan, tingkah laku, simbol-simbol dan kepercayaan yang memiliki kharakteristik tertentu dan dapat dibedakan satu sama lain sebagai acuan perilaku serta menjadi tanggapan atas apa yang sedang dan akan terjadi.

Kebudayaan bersifat abstrak, dipengaruhi oleh dan mempengaruhi  pandangan pemikiran termasuk ide-ide gagasan yang diterapkan dalam kehidupan manusia. Terdapat tiga hal yang terkait dengan nilai budaya, diantaranya:

  1. Simbol, slogan, atau ciri khas yang jelas (terlihat oleh mata)
  2. Sikap, tindakan atau tingkah laku yang muncul atau hadir karena poin nomor 1.
  3. Kepercayaan yang tertanam dan mengakar dimana hal tersebut menjadi landasan atas perilaku atau tindak-tanduk individu.

Alasan mengapa nilai budaya dapat dibatasi oleh waktu.

Tidak seperti nilai agama yang berlaku seumur hidup serta sifatnya absolut karena nilai tersebut datang Tuhan, atau nilai moral, sosial, dan kemanusiaan yang hingga kapanpun mendasarkan ide-ide serta tindakan nilainya pada "tindakan baik dan bermanfaat bagi sesama", nilai budaya terbentuk dari kesepakatan-kesepakatan yang terjadi dalam ruang lingkup masyarakat dimana nilai tersebut dapat sewaktu-waktu luntur atau menguat, tergantung dengan perubahan zaman.

Sebagai contoh, pada zaman dahulu kala ketika belum ditemukan obat-obatan untuk demam bayi, orang-orang beranggapan bahwa bayi yang sering menangis selepas magrib, dia sedang diganggu oleh makhluk halus. Maka dilakukanlah ruwatan, disediakan sesaji disetiap sudut ruangan supaya sang makhluk halus merasa puas dan tidak mengganggu lagi. Namun, seiring perkembangan waktu dan teknologi medis, orang tidak lagi percaya dengan hal seperti itu karena sudah ditemukan penjelasan medis atas permasalahan itu, seperti contoh perubahan suhu udara menjelang terbenamnya matahari yang membuat kulit bayi yang masih sensitif menjadi tidak nyaman.

Pelajari lebih lanjut

brainly.co.id/tugas/4345985 (Nilai Budaya)

Detil Jawaban

Kelas : SMA 8

Mapel : Bahasa Indonesia / Sosiologi

Bab : Nilai-Nilai dan Perilaku

Kata Kunci : Nilai, Manusia