Buatlah contoh narasi kepemimpinan

Posted on

Buatlah contoh narasi kepemimpinan

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut contoh narasi kepemimpinan.

Dua orang ini sangat dikenal oleh bangsa Indonesia. Jasanya sangat dihargai dan hidupnya dijadikan panutan oleh setiap anak bangsa. Siapa yang tidak kenal Bung Karno dan Bung Hatta. Dua putra bangsa yang berjasa memimpin bangsa ini melalui masa-masa sulit.

Keduanya pernah merasakan pahitnya perjuangan dalam memimpin bangsa ini. Ditangkap, diasingkan, dipenjara oleh penjajah Belanda, sama sekali tak menyurutkan langkah keduanya. Bahkan, semua kepahitan itu hanyalah menjadi jamu yang makin menguatkan otot-otot perjuangannya.

Semua kepahitan dan kepedihan perjuangan tersebut membuahkan hasil yang mengubah wajah sejarah bangsa Indonesia dan dunia. Pada tahun 1945, bulan Agustus, tanggal 17, keduanya memimpin bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Kepahitan berbuah manis.

Jiwa kepemimpinan dan perjuangan keduanya menjadi prasasti sejarah yang akan abadi, dipelajari, ditiru, dan menjadi jalan besar pedoman perjuangan bagi anak bangsa ini.

Pembahasan

Teks narasi adalah teks yang berisi pemaparan rangkaian peristiwa sejarah atau pun cerita fiksi yang mempunyai ciri khas ada konflik dan solusi. Karena itu teks narasi mengandung unsur:

  • Orientasi, yaitu pengenalan kisah dan tokoh di dalamnya. Dalam teks di atas disajikan pada paragraf pertama.
  • Komplikasi, yaitu adanya konflik yang melanda tokoh yang diceritakan, disajikan dalam paragraf dua.
  • Resolusi menceritakan penyelesaian atas konflik yang terjadi, seperti dalam paragraf tiga.
  • Reorientasi yaitu penutup dan pesan di balik semua kisah tersebut, seperti dalam paragraf terakhir teks narasi di atas.

Pelajari lebih lanjut

Tentang teks narasi:

Detail Jawaban

Kelas: 8

Mapel: Bahasa Indonesia 1

Bab: 4

Kode: 8.1.4

#AyoBelajar