Tujuan berdirinya PNI

Posted on

Tujuan berdirinya PNI

Tujuan Partai Nasional Indonesia (PNI) adalah untuk meraih kemerdekaan Indonesia dimana
tujuan kemerdekaan Indonesia itu diraih dengan asas “percaya pada diri sendiri”.

Asas percaya pada diri sendiri adalah asas yang memperbaiki keadaan politik, keadaan ekonomi, keadaan sosial, serta keadaan budaya yang sudah dirusak oleh penjajah kolonial dengan kekuatan sendiri (kekuatan bangsa Indonesia).

Perbaikan diri sendiri di berbagai bidang untuk meraih kemerdekaan itu dilakukan dengan:
1. Usaha di bidang politik. Usaha di bidang politik dilakukan dengan cara memperkuat rasa kebangsaan Indonesia melalui penguatan rasa persatuan dan kesatuan. Untuk meperkut rasa nasionalisme atau kebangsaan itu maka bangsa Indonesia harus mengetahui sejarah bangsanya, kemudian mempererat hubungan kerja sama dengan bangsa – bangsa yang ada di Asia serta menumpas segala ancaman pada kemerdekaan dan kehidupan politik Indonesia.
2. Usaha di ekonomi. Usaha di ekonomi dilakukan dengan memajukan perdagangan, kerajinan / industri kecil, bank – bank, sekolah – sekolah, serta koperasi yang dimiliki bangsa Indonesia.
3. Usaha sosial. Usaha sosial dilakukan dengan memajukan sistem pendidikan yang bersifat nasional, mengurangi pengangguran, mengangkat derajat kaum perempuan, meningkatkan transmigrasi, serta memperbaiki kesehatan rakyat Indonesia.