Bagaimana cara membuat pupuk kandang

Posted on

Bagaimana cara membuat pupuk kandang

Maka di sarankan pupuk kandang dicampur debu atau lumpur kering dalam jumlah yang seimbang, kemudian diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, dan diberi penutup sampai pupuk matang, pemberian abu bakaran dapur atau abu bakaran yang lain dapat ditambahkan dengan komposisi 40% pupuk kandang masing-masing 30% untuk debu atau lumpur.

Campuran ini disimpan dalam kondisi tertutup sampai saatnya diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan kandungan nitrogen pupuk kandang kering di dalam sumber yang terdapat nitrogen ada pada kotoran : sapi 2,41 kerbau, 1,09%, babi 2,11%, dan ayam ras 3,17%. Kandungan nitrogen tidak pernah stabil dan berubah setiap waktu.

Cara pembuatan pupuk kandang sangatlah mudah. hanya saja kita harus memiliki banyak hewan ternak, seperti ayam, kambing, dan sapi.
cara pembuayan pupuk kandang dari kotoran ayam adalah dengan cara menyediakan huut padi atau kulit padi, kemudian di taburkan di bawah kandang ayam dan di rata kan kemudian di biarkan agar ayam ayam mengeluarkan kotorannya selama kurang lebih beberapa hari. setelah itu pupuk sudah jadi dan di ambil untuk di pakai. sedangkan kalau pupuk kandang dari kotoran kambing itu tidak di campuri oleh apapun. sedangkan kalau kotoran sapi itu sama seperti kotoran ayam, namun bedanya adalah campuran untuk kotoran sapi campurannya berupa bubuk kayu yang di gergaji