Mengapa tubuh hewan lentur dan lunak? sedangkan tubuh tumbuhan kaku ? jawab ?

Posted on

Mengapa tubuh hewan lentur dan lunak? sedangkan tubuh tumbuhan kaku ? jawab ?

Karena didalam sel tumbuhan memiliki dinding sel sehingga gerakan membran sel terbatas sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding se

1. Cara makan
Dilihat dari cara hewan mendapatkan makanan, maka hewan termasuk makhluk yang heterotrof, sedangkan tumbuhan memiliki sifat autotrof dan heterotrof.

2. Pigmentasi
Hewan memiliki warna kulit yang berwarna-warni namun tidak memiliki warna kulit seperti hijau daun yang mengandung klorofil. Namun pada tumbuhan, hampir semuanya mengandung klorofil.

3. Susunan tubuh
Selain memiliki anggota tubuh yang lengkap dan memiliki susunan tubuh yang tetap, rata-rata hewan tidak berubah pada bagian organ tubuhnya. Sedangkan pada tumbuhan hidupnya menetap dan tidak bisa dipindahkan, tetapi memiliki organ tubuh yang selalu berganti-ganti.

4. Reaksi terhadap rangsangan
Perbedaan hewan dan tumbuhan yang lain terdapat pada reaksi keduanya terhadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan sama-sama bisa menerima reaksi rangsangan, namun demikian dalam menghadapi rangsangan tersebut memiliki sifat sensitivitas yang berbeda-beda. Karena pada hewan memiliki sistem saraf, maka hewan lebih peka dari pada tumbuhan karena tumbuhan tidak memiliki sistem saraf.

5. Pertumbuhan
Pertumbuhan hewan terjadi secara tertutup dan pertumbuhannya terbatas. Sedangkan pada tumbuhan pertumbuhan yang terjadi pada ukuran dan bentuk bisa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar. Selain itu, bentuk dari tumbuhan mudah berubah.

6. Komposisi cairan tubuh
Cairan tubuh pada hewan sangat banyak dengan kandungan garam yang tinggi, sedangkan pada tumbuhan cairan yang ada hanya sedikit sekali kandungan garamnya.

7. Dari susunan sel
Susunan sel pada hewan tidak memiliki dinding sel tidak memiliki vakuola, namun pada tumbuhan memiliki dinding sel-sel yang ada pada selnya. Selain itu tumbuhan juga memiliki vakuola besar.