8. SEBUTKAN ORGANISASIINTERNASIONAL YANG DIIKUTIINDONESIA *Tlawaban Anda​

Posted on

8. SEBUTKAN ORGANISASIINTERNASIONAL YANG DIIKUTIINDONESIA *Tlawaban Anda​

Jawaban:

  1. PBB
  2. ASEAN
  3. asia Pacific Economic Cooperation (APEC)
  4. Organization of Islamic Cooperation (OIC)
  5. UNICEF

Penjelasan:

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) adalah organisasi internasional yang merupakan perkumpulan sebagian besar negara yang ada di dunia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Fransisco, California, dan memiliki markas besar di New York, Amerika Serikat.

Tujuan dibentuknya PBB adalah untuk menciptakan perdamaian internasional, menjadi penghubung antarbangsa, dan membantu mengatasi persoalan masyarakat dunia, seperti kemiskinan, penyakit, dan buta aksara, serta menghargai hak dan kebebasan manusia.  

Pada awalnya, anggota PBB hanya berjumlah 50 negara dan kini sudah berkembang hingga 193 negara. Indonesia menjadi anggota ke-60 PBB pada tanggal 28 September 1950. Pada tahun 1965, Indonesia sempat keluar dari PBB karena alasan politik, tetapi kemudian bergabung kembali pada tahun 1966.

Indonesia berperan aktif dengan mengirimkan kontingen untuk perdamaian dunia, menjadi pemimpin dan anggota organisasi di PBB (termasuk  Dewan Keamanan), menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika, mengirimkan bantuan kemanusiaan, dan membantu penyelesaian konflik di berbagai negara.

2. Association of South East Asia Nations (ASEAN)

Organisasi ini merupakan wadah kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dan kini beranggotakan 10 negara. Tujuan ASEAN adalah untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, damai, stabil, dan sejahtera.

Selain sebagai salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN, Indonesia juga menjadi penyelenggara KTT ASEAN yang pertama. Selain itu, Indonesia juga aktif dalam menyelesaikan konflik dengan menjadi perantara perundingan damai, membantu para pengungsi akibat konflik ataupun bencana, dan lainnya.

3. Asia Pacific Economic Cooperation (APEC)

Indonesia menjadi anggota APEC sejak organisasi tersebut didirikan, yaitu pada tahun 1989. Organisasi ini merupakan organisasi kerja sama ekonomi di kawasan Asia Pasifik yang saat ini beranggotakan 21 negara.

Peran aktif Indonesia dalam APEC di antaranya adalah pernah menjadi Ketua APEC, menjadi tuan rumah KTT APEC, dan menjadi perumus Bogor Declaration dan Bogor Goals, mendorong terbentuknya ECOTECH (Economic and Technical Cooperation), dan menjadi anggota G-20.

4. Organization of Islamic Cooperation (OIC)

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghadiri konferensi di Rabat, Maroko, pada tahun 1989, yang melahirkan OIC atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Organisasi ini bertujuan meningkatkan solidaritas Islam, mendukung perdamaian dunia, dan membantu perjuangan kemerdekaan Palestina.

Sebagai anggota, Indonesia memiliki peran penting dengan memelopori gagasan Tata Informasi Baru Dunia Islam, menjadi Ketua Committee of Six, menjadi tuan rumah KTT Tingkat Menteri, KTT OKI, KTT Luar Biasa OKI, dan membantu perdamaian negara-negara Islam yang bersengketa.

5. United Nations Children’s Fund (UNICEF)

Organisasi ini berada di bawah naungan PBB dan didirikan pada tanggal 11 September 1946 di New York, Amerika Serikat. Tujuan didirikannya UNICEF adalah mengatasi persoalan kemiskinan, kekerasan, penyebaran penyakit, dan diskriminasi dalam dunia anak, terutama di negara berkembang.

Dengan bergabung menjadi anggota, pemerintah Indonesia bisa bekerja sama dengan UNICEF dalam berbagai bentuk program dalam meningkatkan kesejahteraan, memajukan pendidikan, dan menjamin keamanan anak-anak.

Selain kelima organisasi tersebut, Indonesia juga menjadi anggota banyak organisasi internasional lainnya, di antaranya:

Organisasi-organisasi di bawah naungan PBB, seperti UNDP, WHO, UNESCO, FAO, UNIFEM, UN-Habitat, dan ILO.

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

World Trade Organization (WTO)

ASEAN Free Trade Area (AFTA)

Group of 20 (G-20)

International Committee of the Red Cross (ICRC)

International Criminal Police Organization (ICPO-Interpol)

International Association of Anti-Corruption Authorities (IAACA)

#janganlupafollow

Jawaban:

1. PBB(1

2. ASEAN

3. APEC

4.OIC

5.UNICEF

6. G20

7.AFTA

8.OPEC

9.UNESCO

10. KAA

Penjelasan:

semoga benar, dan bermanfaat