Jawab:

Posted on

5. Jelaskan proses siklus air!
Jawab: … plis bantu plissssssss bantu plissssssss bantu plissssssss bantu plissssssss​

Jawab:

Jawaban:

Siklus air terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Air menguap akibat terkena panas dari sinar matahari. Proses penguapan itu disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Selanjutnya akan turun jadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Setelah itu, sebagian dapat menguap kembali. Air yang menguap membentuk awan bersama dengan uap tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi. Maka jumlah air di bumi bisa di sebut, tetap.!

#capek sih ngetik. tp GPP. good luck.<3

Proses daur air secara urut yaitu evaporasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, dan transpirasi. Daur air disebut juga siklus hidrologi. Peristiwa ini berlangsung terus-menerus dan berulang. Secara singkat, dimulai dari air yang ada dibumi akan menjadi awan. Awan yang mendung akan menyebabkan hujan (wujud air kembali) dan turun ke bumi.

Pembahasan

Air memberi kehidupan pada semua makhluk hidup. Dengan demikian, air digunakan secara terus-menerus oleh semua makhluk hidup. Air dibumi tidak pernah habis. Air senantiasa tersedia karena air selalu mengalami daur atau siklus. Daur air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi.

Proses daur air secara lengkap sebagai berikut:

1. Air di laut, sungai, dan danau menguap karena pengaruh panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi.

2. Uap air akan naik ke atmosfer dan mengalami pengembunan disebut sebagai kondensasi membentuk awan. Jadi, kondensasi adalah adalah perubahan uap air menjadi embun karena adanya perubahan suhu dari panas menjadi dingin.

3. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh), sehingga akan turun menjadi hujan.

4. Hujan akan turun ke bumi (lautan, sungai, danau,dan daratan)disebut presipitasi. Presipitasi adalah proses jatuhnya titik titik air dari awan dalam bentuk hujan.

5. Setelah itu, air hujan yang meresap ke dalam tanah, sungai lalu menuju lautan yang kemudian semuanya dimanfaatkan makhluk hidup disebut infiltrasi. Jadi, infiltrasi adalah proses penyaringan air yang dilakukan oleh tanah selama air meresap dan mengalir di dalam tanah.

6. Air hujan yag turun juga diserap oleh tumbuhan disebut absorbsi. Proses absorbsi merupakan proses penyerapan air oleh akar tumbuhan.

7. Tumbuhan juga melakukan penguapan lewat dau disebut dengan transpirasi. Sama seperti evaorasi, transpirasi adalah jenis penguapan namun terjadi pada makhluk hidup seperti tumbuhan.

8. Penguapan yang terdiri dari evaporasi dan transpirasi akan naik kembali ke amosfer dan daur air akan terulang lagi.