MENGAPA KUTUB UTARA BUMI BERADA DI SELATAN

Posted on

MENGAPA KUTUB UTARA BUMI BERADA DI SELATAN

Kutub utara adalah bagian teratas dari Bumi dan kutub selatan adalah bagian terbawah Bumi. Tetapi, Bumi adalah benda berbentuk bola dan tidak memiliki atas dan bawah.

Untungnya, Bumi tidak bulat sempurna dan berputar di angkasa. Berputar pada garis imajinasi rotasi. Tempat dimana garis itu bertemu dengan tanah yang terletak digambar atas, lokasi dimana Rusia menancapkan benderanya di sana pada tahun 2007, disebut sebagai kutub utara. Lebih tepatnya, kutub utara geografik. Karena, ada definisi yang berbeda tentang panjang tahun Bumi, maka ada perbedaan kutub.

Ujung utara kompas tidak menunjuk kearah kutub utara geografik, tetapi ujung utara kompas menunjuk kearah kutub magnetik utara yang sebenarnya adalah kutub magnetik selatan karena gaya tarik-menarik magnet terjadi jika ada pertemuan magnet yang tidak sejenis.

Rusia menancapkan benderanya di kutub utara geografik bulan Agustus 2007

Kutub utara magnetik (yang sebenarnya selatan) dan kutub selatan magnetik (yang sebenarnya utara), adalah sebuah titik dimana medan geomagnetik vertikal keluar dari dalam Bumi. medan ini dihasilkan oleh perputaran besi cair di inti luar Bumi. Pergerakan ini sangat terpengaruh oleh rotasi Bumi.

Karena itu, kutub magnetik tidak pada satu lokasi dengan kutub geografik (disebabkan arah kutub dari besi cair ini tidak stabil). Tetapi kutub magnetik bukannya tidak mungkin untuk berubah posisi.

Pergerakan kutub utara magnetik dan geomagnetik (titik merah adalah posisi kutub utara magnetik dan titik biru adalah posisi kutub utara geomagnetik)

100 tahun lalu, kutub utara magnetik berada pada Kanada bagian utara (2140 km dari selatan kutub geografik). Lalu kutub ini bergerak secara konstan ke arah barat laut seiring waktu berlalu. Sekarang kutub utara magnetik berada 450 km dari selatan kutub geografik dan bergerak ke arah Rusia 55 km per tahun.

Ternyata, kutub selatan magnetik tidak berada tepat di posisi sebaliknya dari kutub utara magnetik. Kedua kutub ini bergerak secara acak dan sekarang kutub selatan magnetik berada 22 derajat lebih dekat dengan garis khatulistiwa daripada kutub utara magnetik. Mungkin, ini merupakan pergerakan besi cair secara acak yang terjadi di inti luar Bumi secara alami.

Jika ada sebuah batang magnet sempurna raksasa di dalam Bumi, maka ujung magnet itu akan mengarah ke arah kutub geomagnet (yang sekarang berlokasi di Pulau Ellesmere, Nunavut, Kanada). Kutub selatan geomagnetik berada tepat di posisi sebaliknya dari kutub utara geomagnetik.

Kutub geomagnetik tercipta akibat momen dipol medan geomagnetik didalam Bumi keluar dari posisi tertentu. Medan magnet ini akan melindungi Bumi dari angin matahari yang beradiasi tinggi. Tetapi, tidak melindungi kutub utara dan selatan geomagnetik sehingga atmosfer disana akan terionisasi dan mengeluarkan cahaya, yaitu cahaya aurora, sangat indah.

Kalian terserah untuk memilih kutub utara. Apakah kalian memilih titik pusat rotasi Bumi? (kutub geografik) atau titik dimana ujung utara kompas selalu menunjuk ke arahnya (kutub magnetik) atau titik dimana aurora bersinar disekitarnya (kutub geomagnetik). Ketiga kutub ini juga bergerak.

Kutub magnetik dan geomagnetik berubah posisi secara drastis. Tetapi, kutub geografik bergerak memutar 10 meter per tahun. Saat Rusia tepat menacapkan bendera mereka di kutub utara geografik, kutub itu bergerak dari bendera Rusia setelah itu.