Apa sifat magnet yang ada di tempelan kulkas (bukan pintu kulkas tapi tempelan kulkas seperti yang indomie, tissue ada magnetnya dibelakang) terimakasih.​

Posted on

Apa sifat magnet yang ada di tempelan kulkas (bukan pintu kulkas tapi tempelan kulkas seperti yang indomie, tissue ada magnetnya dibelakang) terimakasih.​

Jawaban:

benda yang bisa menempel itu disebut sebagai magnet. Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda-benda lain dari bahan tertentu.

Squad, ternyata magnet ini sudah lama ditemukan lho, sekitar 2000 tahun lalu. Magnet sendiri pertama kali ditemukan oleh bangsa Yunani di daerah yang bernama Magnesia (sekarang Manisa, Turki) dan itu juga mengapa dinamankan magnet, sesuai dengan tempat penemuannya, Squad. Pada saat pertama kali ditemukan, magnet masih berupa magnet alam yang berwujud batu, namun memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda yang mengandung logam. Magnet ini pertama kali dimanfaatkan oleh bangsa Cina sebagai kompas dalam pelayaran kira-kira mulai tahun 1200 masehi, lho.

Kompas

Kompas (Sumber: giphy)

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sekarang telah banyak alat-alat yang memanfaatkan magnet seperti telepon, dinamo, bel listrik, loudspeaker, dan lain lain. Oh iya berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua yaitu:

1. Bahan Magnetik (ferromagnetik)

Bahan yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet dan dapat dimagnetkan

Contoh : besi, baja, nikel, kobalt.

2. Bahan Non-magnetik, terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

a. Bahan paramagnetik

Bahan yang ditarik dengan lemah oleh magnet dan tidak dapat dimagnetkan

Contoh : alumunium, platina, tembaga.

b. Bahan diamagnetik

Bahan yang ditolak dengan lemah oleh magnet dan tidak dapat dimagnetkan

Contoh : seng, merkuri, emas

Baca Juga: Dari Mana Karet di Dunia Berasal?

Squad, magnet adalah salat satu jenis materi dan pada setiap bahannya memiliki sifat magnetik yang berbeda-beda tergantung pada jenis bahan dan sifatnya.

Coba perhatikan dengan baik, Squad. Jika kamu mendekatkan benda yang terbuat dari besi ke magnet, maka kamu pasti merasakan ada gaya tarik yang menyebabkan besi tersebut melekat pada magnet.

maaf kalo salah y