Sebutkan hal-hal yang dilakukan aktor

Posted on

Pengetahuan lama:
pengetahuan baru:

informasi:yang gak tau jangan dijawab

semoga di jawab

terima kasih ^_^ 🙂

Sebutkan hal-hal yang dilakukan aktor

1. mempersiapkan modal

Hal pertama yang wajib kalian lakukan untuk mempersiapkan peran adalah mempersiapkan modal dasar aktor.

2.riset

Baik, setelah kalian selesai dengan modal dasar, maka sekarang waktunya masuk ke fase riset. Dalam fase riset ini ada banyak sekali kegiatan yang harus kalian lakukan. Hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah membaca naskah dengan cermat. Kenapa membaca naskah itu jadi penting? Pasalnya dalam naskah lah tokohmu bermula. Kecuali dalam kasus-kasus tertentu dimana kamu harus menciptakan tokoh sendiri, sesuai arahan sutradara tanpa naskah. Tapi pada kebanyakan kasus naskah adalah pondasi utama tokoh yang akan kamu mainkan. Jadi dalam riset, yang pertama kali kalian hadapi adalah naskah. Berusahalah untuk mencermati naskah dengan baik.

3.isolasi diri

Setelah kalian selesai dengan fase riset, maka hal terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan peran adalah dengan mengisolasi diri dan mulai masuk ke bentuk-bentuk tokoh. Di fase ini kalian setidaknya sudah menemukan 70% – 80% tokoh dari hasil riset. Sisanya kalian temukan dengan jalan melakukan semuanya sebagai tokoh.

Isolasi diri adalah menahan diri kalian untuk tidak muncul dalam tokoh ciptaan kalian. Contoh sederhananya begini, kalian punya bentuk kaki O, sementara tokoh tidak memiliki bentuk kaki semacam itu, maka kalian harus mengisolasi bentuk kaki O itu agar ia tidak keluar saat kalian memainkan tokoh. Kalian harus menyimpan sementara bentuk kaki O itu agar kalian bisa sepenuhnya menggunakan cara tokoh berjalan. Fase ini tidak serumit fase riset. Tapi pada fase ini lah kalian akan mengalami rasa lelah yang mungkin lebih lelah dari 2 fase sebelumnya.

Jawaban:

Vokal Vokal adalah yang berhubungan dengan suara. Bagi pemeran teknik pengucapan jelas mempunyai tempat yang sangat penting di dalam pekerjaannya, karena suaralah yang akan menyampaikan ucapan dalam naskah drama yang diperankannya.

Intonasi Intonasi adalah nada suara dalam pengucapan dialog. Setiap tokoh pada dasarnya memiliki intonasi masing-masing. Perbedaan intonasi yang mudah dikenali misalnya, intonasi perempuan dan laki-laki atau anak-anak dengan orang tua.

Mimik Mimik berarti peniruan dengan gerak-gerik anggota badan dan raut muka. Dalam hal ini siswa harus menunjukkan mimik muka yang sesuai dengan tuntutan peran yang terdapat dalam naskah drama. Ekspresi disebut juga mimik yaitu seorang pemeran drama menggunakan wajahnya untuk memerankan karakter tertentu. Organ yang ada pada wajah digunakan untuk memperkuat karakter. Organ tersebut seperti mata, hidung, alis, mulut dan lainnya. Misalnya, saat memerankan orang yang marah, maka mata dibuka lebar-lebar atau melotot.

Gerak Tubuh Bila seorang penjahit bekerja menghasilkan baju, maka seorang pemeran menghasilkan gerak di panggung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa segala perbuatan pemeran di panggung termasuk gerak-geriknya, merupakan hasil kerjanya. Pemeran harus mempelajari dan melatih secara berulang-ulang semua gerakan yang sesuai dengan tokoh yang diperankan. Misalnya, makan dengan tangan tanpa sendok dan garpu, duduk santai sambil mengobrol, membaca surat, dan lain-lain.

Penjelasan:

semoga membantu dan bermanfaat