Kembangkan ide ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf

Posted on

tolong di jawab yah besok dikumpul arigato( ◜‿◝ )♡​

Kembangkan ide ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf

Kembangkan ide ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf

Pendahuluan:

PARAGRAF

Paragraf adalah suatu kumpulan beberapa kalimat yang terbentuk dari beberapa kata. Minimal baris pada paragraf ada 4-5 baris. Paragraf biasa disebut juga alinea.

Paragraf terdiri dari

  1. Kalimat Utama
  2. Ide Pokok/Gagasan Pokok or utama
  3. Kalimat Penjelas/Gagasan Pendukung
  4. Beberapa Kalimat/Baris
  5. Beberapa Kata

IDE POKOK

Ide Pokok berisi tentang ide yang mendasari dari suatu teks. Ide pokok dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama terdapat diawal atau akhir paragraf. Dalam sebuah teks biasanya tidak hanya terdiri dari satu paragraf saja melainkan beberapa paragraf. Dari setiap paragraf,kita dapat menemukan masing-masing ide pokok. Agar lebih mudah memahami ide pokok teks,kita dapat menyajikannya dalam bentuk diagram.

Jawaban:

Paragraf 1

Organ gerak terdiri atas 2 macam. Organ gerak ada 2 yaitu organ gerak aktif dan organ gerak aktif. Organ gerak aktif adalah organ yang bergerak dan berguna untuk menggerakkan tubuh. Sedangkan organ gerak pasif adalah organ yang diam/tak bekerja tapi berguna untuk menopang organ gerak aktif. Organ gerak aktif adalah otot. Dan organ gerak pasif adalah tulang.

Paragraf 2

Organ gerak banyak sekali fungsinya. Fungsinya ialah

  1. Menggerakkan tangan dan kaki
  2. Memegang dan membuat sesuatu
  3. Berjalan dan berlari
  4. Kegiatan olahraga
  5. Kegiatan memasak

dan banyak lagi. Kehidupan sehari-hari takkan berjalan dengan baik jika tidak ada organ gerak didalam tubuh Kita. Makanya organ gerak sangat penting bagi manusia.

Paragraf 3

Tanpa organ gerak,manusia tidak akan bergerak. Itulah sebabnya kita harus menjaga organ gerak kita. Banyak orang yang cacat karena kehilangan organ gerak. Sekarang sudah ada organ gerak robot. Cara bersyukur kepada tuhan yang maha esa ialah merawat organ gerak kita. Organ gerak kita hanya diciptakan sekali saat masih di janin. Jangan terlalu banyak beraktivitas menggundakan organ gerak dan istirahatkan organ gerak mu sebentar saja itulah cara agar kita merawat organ gerak kita.

Detail Jawaban:

  • Mata Pelajaran:Bahasa Indonesia
  • Kelas:6 SD
  • Materi:Paragraf & Komponennya
  • Kata Kunci:Paragraf,Mengembangkan,Ide Pokok
  • Kode Soal:1
  • Kode Kategorisasi:6.1.1

 colorbox{navy}{color{black}{Indonesia : Literature}}