Menurutmu, bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau yg lepih pelan

Posted on

tolong di jawab ya​

Menurutmu, bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau yg lepih pelan

Jawaban:

Bunyi adalah suatu gelombang yang berasal dari benda bergetar.

Cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan

=> untuk menghasilkan bunyi yang lebih keras, maka kita harus menghasilkan energi yang lebih besar juga. sedangkan untuk menghasilkan bunyi yang lebih pelan, kita harus menghasilkan energi yang lebih lemah.

Semakin besar energi yang digunakan, maka semakin besar juga bunyi yang dihasilkan

Jawaban:

Jawaban Pendek:

Cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan adalah dengan menggunakan energi yang lebih besar atau lebih kecil pada alat penghasil bunyi tersebut.

Jawaban panjang:

Bunyi dihasilkan oleh getaran benda yang disebut sumber bunyi, misalnya getaran senar gitar ketika dipetik atau getaran drum ketika ditabuh.

Getaran ini disebabkan oleh aksi energi terhadap sumber bunyi. Energi ini akan menyebabkan medium sekitarnya untuk ikut bergetar. Gelombang bunyi akan menghantarkan energi melalui perambatan getaran ini.

Keras lemahnya bunyi disebabkan oleh perbedaan intensitas gelombang bunyi, yang disebut diakibatkan perbedaan besar energi yang menghasilkan gelombang bunyi tersebut.

Semakin dekat sesorang dengan sumber gelombang suara maka semakin besar intensitas dan suara terdengar semakin keras.

Semakin besar energi yang digunakan untuk menghasilkan suara. Sehingga bila kita ingin menghasilkan suara keras maka kita harus menggunakan energi yang lebih besar pada sumber bunyi. Demikian juga sebaliknya energi yang lemah akan menghasilkan bunyi yang lemah pula.

Misalnya semakin keras menabuh gendang maka gelombang suara yang dihasilkan juga semakin keras. Demikian juga semakin besar yang kita lakukan saat memetik dawai gitar maka suara yang dihasilkan oleh gitar juga akan semakin keras.

#SemogaMembantu

#Tingkatkan prestasi mu

#jadijuarasatu