Tuliskan jenis jenis beras dan kandungannya​

Posted on

Tuliskan jenis jenis beras dan kandungannya​

Jawaban:

1. Beras Putih

Beras putih merupakan makanan yang paling mudah dicerna, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Beras ini merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Beras putih ini adalah makanan yang paling mudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan bahkan camilan. Selain mudah untuk diolah, beras putih juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Di antaranya adalah mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare dan radang usus besar, serta juga mengurangi morning sickness bagi ibu hamil.

2. Beras Merah

Beras merah memiliki tekstur lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih. Karena itulah, banyak yang tidak menyukai beras jenis ini. Meskipun begitu, beras merah bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menjaga jumlah zat besi dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah dan insulin. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang penting dalam produksi sel DNA.

3. Beras Ketan

Beras yang satu ini sering digunakan oleh ibu-ibu di dapur sebagai bahan olahan kue. Sangat banyak jenis olahan makanan yang menggunakan bahan dasar beras ketan ini. Beras ini juga bisa dikonsumsi langsung setelah masak. Rasanya pun sangat gurih.

Sama seperti jenis beras lainnya, beras jenis ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Beras ini banyak mengandung zat tembaga yang dapat memperkuat jaringan ikat, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak yang sehat.

4. Beras Basmati

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui beras jenis ini. Beras basmati merupakan jenis beras yang berasal dari India. Satu cangkir beras basmati memiliki kandungan serat 20 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan beras lain. Beras ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, beras jenis ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

5. Beras Coklat

Beras ini mempunyai bentuk dan warna yang hampir sama dengan beras merah, sehingga orang kadang terkecoh ketika memilihnya. Sama halnya dengan beras merah, beras ini juga bermanfaat untuk kesehatan badan kamu. Beras ini selain rendah pati dan kalori di dalamnya, juga sangat tinggi akan serat larut. Kandungan minyak sehat dalam beras jenis ini juga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kamu.

6. Beras Hitam

Beras jenis ini sangat sulit ditemukan. Beras ini biasanya sering dipakai sebagai campuran kolak. Kandungan zat inflamasi dan anti oksidannya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya bermanfaat untuk mengobati alzheimer dan diabetes.

7. Beras Jasmine

Beras jenis ini biasanya memiliki harga jauh lebih mahal jika dibandingkan beras lainnya. Hal ini dikarenakan beras ini memiliki aroma yang harum dan menggugah selera. Warnanya pun sangat putih jika dibandingkan dengan beras putih. Selain beras jasmine, ada juga beras pandan yang memiliki aroma seperti daun pandan.