Negara mana sajakah yg menerapkan sistem ekonomi liberal

Posted on

Negara mana sajakah yg menerapkan sistem ekonomi liberal

Negara dengan sistem ekonomi liberal adalah Amerika Serikat, Brazil, Prancis, Jerman, Austria.

 sistem ekonomi liberal

negara-negara yang menganut paham liberal di benua amerika adalah amerika serikat, argentina, bolivia, brazil, cili, cuba, kolombia, ekuador, honduras, kanada, meksiko, nikaragua, panama, paraguay, peru, uruguay dan venezuela. sekarang ini, kurang lebih liberalisme juga danut oleh negara aruba, bahamas, republik dominika, greenland, grenada, kosta rika, puerto rico dan suriname.

             negara-negara penganut paham liberal di eropa yakni diantaranya adalah albania, armenia, austria, belgia, bulgaria, kroasia, cyprus, republik cekoslovakia, denmark, estonia, finlandia, perancis, jerman, yunani, hungaria, islandia, italia, latvia, lithuania, luxembourg, macedonia, moldova, netherlands, norwegia, polandia, portugal, romania, rusia, serbia montenegro, slovakia, slovenia, spanyol, swedia, switzerland, ukraina dan united kingdom. negara penganut paham liberal lainnya adalah andorra, belarusia, bosnia-herzegovina, kepulauan faroe, georgia, irlandia dan san marino.

               negara-negara yang menganut paham liberal di asia antara lain adalah india, iran, israel, jepang, korea selatan, filipina, taiwan, thailand dan turki. saat ini banyak negara-negara di asia yang mulai berpaham liberal, antara lain adalah myanmar, kamboja, hong kong, malaysia dan singapura.

                negara yang menganut paham liberal di kepulauan oceania adalah australia dan selandia baru.

                sistem ekonomi liberal terbilang masih baru di afrika. pada dasarnya, liberalisme hanya dianut oleh mereka yang tinggal di mesir, senegal dan afrika selatan. sekarang ini, kurang lebih liberalisme sudah dipahami oleh negara aljazair, angola, benin, burkina faso, mantol verde, côte d'ivoire, equatorial guinea, gambia, ghana, kenya, malawi, maroko, mozambik, seychelles, tanzania, tunisia, zambia dan zimbabwe.