Jelaskan bagian-bagian Rumah Kebaya!

Posted on

Jelaskan bagian-bagian Rumah Kebaya!

Jawaban:

Ruangan pada rumah kebaya, umumnya terdiri dari 5 ruangan, yaitu:

Teras

Teras pada rumah kebaya ini memiliki bentuk yang begitu luas. Biasanya pada bagian teras akan ditempatkan beberapa meja dan kursi yang dapat digunakan untuk bersantai, baik bersama keluarga maupun para tamu. Jika Anda pernah menonton salah satu sinetron bertema Betawi, tentu tidak akan merasa asing dengan teras tersebut.

Pangkeng

Pangkeng merupakan sebuah ruangan yang dijadikan siempunya rumah sebagai tempat bersantai bagi keluarga di malam hari yang nyaman. Ruangan ini membuat suasana di dalam rumah semakin akrab dan hangat.

Paseban

Paseban dalam rumah adat kebaya berfungsi sebagai kamar menginap bagi para tamu. Jika Anda akan bertamu dan menginap di keluarga Betawi, maka Anda akan ditempatkan di ruangan paseban tersebut. Jika sedang tidak ada tamu yang berkunjung, ruangan ini biasanya digunakan untuk ruang sholat.

Ruang tidur

Ruang tidur pada rumah kebaya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan ruang tidur pada rumah adat lainnya. Rumah adat ini memiliki 4 ruangan tidur, dimana biasanya pada ruangan yang paling besar akan menjadi bagian yang ditempati oleh pemilik rumah.

Srondoyan

Srondoyan, merupakan ruangan yang biasa digunakan sebagai dapur. Ruangannya sendiri terletak di bagian paling belakang rumah dan menjadi satu bagian dengan ruang makan, bahkan tidak jarang juga jadi satu dengan gudang.

Jawaban:

Ciri khas dari rumah kebaya adalah teras yang luas. Biasanya terdapat meja dan kursi yang berfungsi untuk bersantai dan beristirahat bersama keluarga. Selain itu tempat ini juga digunakan untuk menerima tamu

Penjelasan:

Maaf kalo salah