Alat musik taoempong berasal dari daerah​

Posted on

Alat musik taoempong berasal dari daerah​

Jawaban:

dari Minangkabau

Penjelasan:

Maaf Kalau Salah :D✨

Jawaban:

Kawasan Nagari Sungai Puar merupakan sentra bengkel pembuatan talempong, alat musik perkusi tradisional dari Minangkabau. Talempong, bentuknya membulat hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan, namun memiliki bunyi yang unik khas Minangkabau.

Penjelasan:

Talempong adalah sebuah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, tetapi ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan.

Ada dua jenis talempong, yaitu “talempong melodis” (talempong duduak), dan “talempong pacik” yang menggunakan teknik interlocking. Talempong melodis diletakkan di atas rel atau rancakan kemudian dipukul menggunakan stik pemukul. Talempong pacik terdiri lima nada dasar yang dimainkan oleh tiga orang pemain.

Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring yang khas, Tari Pasambahan, Tari Alang Suntiang Pangulu dan Tari Gelombang. Talempong juga digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa.

semoga bermanfaat ya