Mengapa upah karyawan merupakan kompensasi yang menentukan terwujudnya kelancaran dalam bekerja?

Posted on

Mengapa upah karyawan merupakan kompensasi yang menentukan terwujudnya kelancaran dalam bekerja?

Gaji atau upah bagi karyawan merupakan kompensasi yang menentukan terwujudnya kelancaran dalam bekerja. Karyawan yang diliputi perasaan cemas dan kekurangan akan sulit berkonsentrasi terhadap tugas dan kewajibannya sehingga dapat mengakibatkan ketidaksempurnaan dalam bekerja. Oleh karena itu, dalam prinsip penggajian harus dipikirkan bagaimana agar karyawan dapat bekerja dengan tenang. Sistem penggajian harus diperhitungkan agar menimbulkan kedisiplinan dan kegairahan kerja sehingga karyawan berkompetisi untuk membuat prestasi yang lebih besar. Prinsip more pay for more prestige (upah lebih untuk prestasi lebih), dan prinsip upah sama untuk prestasi yang sama perlu diterapkan sebab apabila ada perbedaan akan menimbulkan kelesuan dalam bekerja dan mungkin akan menimbulkan tindakan tidak disiplin.

Pada dasarnya besaran upah di dasarkan pada keahlian atau skill yang dimiliki, semakin tinggi keahliannya yang dimiliki maka semakin tinggi pula salary yang diberikan.
namun, seorang karyawan yang dihargai cenderung lebih ulet dan giat dalam bekerja. penghargaan kepada karyawan dapat diberi melalui salah satu cara, yaitu besaran upa, dan ketepatan waktu dalam pemberiannya.