APA arti takdir mubram dan takdir muallak? Sebutkan contohnya masing-masing 2 saja

Posted on

APA arti takdir mubram dan takdir muallak? Sebutkan contohnya masing-masing 2 saja

Jawaban:

Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.

Takdir muallaq adalah ketentuan Allah SWT yang mengikut sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.

Contoh takdir mubram :

1.Kiamat

2.Bencana alam seperti gunung meletus,

gempa , tsunami.

Contoh takdir muallaq :

1.Kepandaian Seseorang.

2Kesehatan Seseorang.

Penjelasan:

semoga membantu jadikan jawaban terbaik ya terimakasih semangat lagi ya belajarny

Jawaban:

•Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.Macam-macam takdir Allah ini contohnya antara lain adalah tentang kelahiran dan kematian manusia. Tentunya tidak ada yang tahu kapan kamu akan dilahirkan dan kapan akan mati. Semua menjadi rahasia Allah SWT dan terjadi sesuai dengan ketetapan-Nya.

•Takdir muallaq adalah ketentuan Allah SWT yang mengikut sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.Macam-macam takdir Allah ini contohnya antara lain keberhasilan murid di sekolah dalam meraih prestasi. Murid yang berprestasi itu bukanlah murid yang diam saja tidak belajar, dan hanya menunggu takdir. Tetapi, ia yang selalu berusaha dan belajar setiap hari untuk meraih cita-cita yang diharapkannya.Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah SWT, juga ditopang oleh usaha dan doa yang dia lakukan. Jadi, berusaha itu harus, tetapi kamu juga harus berdoa dan rela menerima segala takdir yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.Orang yang rajin bekerja akan kaya, dan yang malas berusaha akan miskin.

Penjelasan:

semoga bermanfaat