Jelaskan proses masuknya islam di indonesia menurut beberapa pendapat dari para pakar dan bagaimana menurut prof. Dr. Hamka …toloong ya

Posted on

Jelaskan proses masuknya islam di indonesia menurut beberapa pendapat dari para pakar dan bagaimana menurut prof. Dr. Hamka …toloong ya

Jawaban:

a. Menurut  S. Hurgronje dan J. Pijnapel agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka. S. Hurgronje dan J. Pijnapel menjelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara sekitar abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu.

b. Menurut Umar Amir Husen dan Hoesein Djadjadiningrat bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang yang berasal dari Persia, bukan dari Gujarat. Persia adalah sebuah kerajaan yang saat ini kemungkinan besar berada di Iran. Karena pada awal masuknya Islam ke Nusantara di abad ke 13, ajaran yang marak saat itu adalah ajaran Syiah yang berasal dari Persia. Selain itu, adanya beberapa kesamaan tradisi Indonesia dengan Persia dianggap sebagai salah satu penguat.

c. Menurut Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby, bahwa sebenarnya kebudayaan Islam masuk ke Nusantara melalui perantara masyarakat muslim China. Dari migrasi masyarakat muslim China dari Kanton ke Nusantara, khususnya Palembang pada abad ke 9 menjadi awal mula masuknya budaya Islam ke Nusantara. Hal ini dikuatkan dengan adanya bukti bahwa Raden Patah (Raja Demak) adalah keturunan China, penulisan gelar raja-raja Demak dengan istilah China, dan catatan yang menyebutkan bahwa pedagang China lah yang pertama menduduki pelabuhan-pelabuhan di Nusantara.

d. Menurut Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka. bahwa Islam di Nusantara dibawa langsung oleh para musafir dari Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7. Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara yang dikenal dengan nama Bandar Khalifah. Selain itu, di Samudera Pasai mahzab yang terkenal adalah mahzab Syafi’i. Mahzab ini juga terkenal di Arab dan Mesir pada saat itu. Kemudian yang terakhir adalah digunakannya gelar Al-Malik pada raja-raja Samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir.  

Dan Menurut pendapat prof. Hamka, proses masuknya Islam ke Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab, bukan dari hanya sekadar perdagangan. Menurut prof. Hamka, motivasi awal kedatangan orang Arab tidak dilandasi oleh nilai-nilai ekonomi, melainkan didorong oleh motivasi spirit penyebaran agama Islam. Dalam pandangan Hamka, jalur perdagangan antara Indonesia dengan Arab telah berlangsung jauh sebelum tarikh masehi. Ini dikenal dengan teori Mekah. Nah, berdasarkan teori tersebut, menurut prof. Hamka masuknya Islam ke tanah Jawa adalah pada abad ke 7 dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir) yang datang ke tanah Jawa ini dengan semangat penyebaran agama Islam, bukan mementingkan berdagang melulu, karena hubungan dagang antara bangsa Arab dengan Indonesia sebenarnya sudah lama berlangsung sebelumnya.