ibu membeli seekor ikan dengan berat 2,3 kg dan sebuah semangka dengan berat 3,8 kg. berat seluruh belanjaan ibu kira kira

Posted on

ibu membeli seekor ikan dengan berat 2,3 kg dan sebuah semangka dengan berat 3,8 kg. berat seluruh belanjaan ibu kira kira

Jawaban Terkonfirmasi

Ibu membeli seekor ikan dengan berat 2,3 kg dan sebuah semangka dengan berat 3,8 kg. Maka, berat seluruh belanjaan ibu kira – kira 6 kg.

Bilangan desimal adalah bagian dari pecahan yang memiliki penyebut 10, 100, dan kelipatan pangkatnya. Penyebut pecahan desimal bergantung pada jumlah angka yang berada di belakang koma. Suatu pecahan desimal yang dinyatakan dengan 0,a adalah representasi dari  frac{a}{10}  karena hanya terdapat 1 angka di belakang koma. Demikian juga dengan 0,0x yang merupakan representasi dari  frac{x}{100}  karena terdapat 2 angka di belakang koma.

Bilangan desimal juga dapat dibandingkan dengan tiga langkah tahapan setelah melihat angka di depan koma, antara lain :

1. Melihat nilai angka di belakang koma

2. Mengubah dua bilangan desimal atau lebih menjadi pecahan biasa lalu menyamakan penyebut – penyebutnya.

3. Setelah penyebut – penyebutnya disamakan, lihat pembilang – pembilangnya.

Kali ini kita akan mengerjakan operasi hitung bilangan desimal dengan ketentuan bilangan desimal tersebut dijadikan bilangan bulat terdekat. Hal yang harus diperhatikan adalah :

• Apabila di belakang koma memuat bilangan x di mana x geqslant 5, maka angka di depan koma (angka pokok) ditambah 1 dan angka di belakang koma dihilangkan.

• Apabila di belakang koma memuat bilangan x di mana x < 5, maka angka di depan koma (angka pokok) tetap dan angka di belakang koma dihilangkan.

Agar lebih jelasnya, simak pembahasan berikut.

PEMBAHASAN :

Ibu membeli seekor ikan dengan berat 2,3 kg dan sebuah semangka dengan berat 3,8 kg. Berapakah berat seluruh belanjaan ibu kira – kira?

Pertama, jumlahkan kedua berat benda dengan ketentuan meletakkan koma secara lurus (tidak boleh bengkok).

2,3 kg

3,8 kg +

6,1 kg

Kedua, karena ada kata "kira – kira", maka kita ditugaskan untuk menentukan bilangan bulat yang terdekat dengan 6,1 kg. Dan sesuai aturan yang berlaku bahwa : Apabila di belakang koma memuat bilangan x di mana x < 5, maka angka di depan koma adalah tetap, sedangkan angka di belakang koma dihilangkan, dengan demikian :

Berat seluruh belanjaan ibu kira – kira 6 kg.

Pelajari lebih lanjut :

brainly.co.id/tugas/4700552 tentang contoh mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal

brainly.co.id/tugas/8216151 tentang contoh mengurutkan pecahan desimal dari yang terbesar

brainly.co.id/tugas/1911160 tentang soal lain mengenai bilangan desimal

DETAIL JAWABAN

MAPEL : MATEMATIKA

KELAS : VI

MATERI : PENGERJAAN HITUNG BILANGAN PECAHAN

KODE SOAL : 2

KODE KATEGORISASI : 6.2.6

#AyoBelajar