Tolong di jawab ya kak​

Posted on

Tolong di jawab ya kak​

Tolong di jawab ya kak​

1.Pengertian dasar negara

Dasar Negara adalah suatu dasar dari suatu Negara yang berisi pedoman atau pandangan hidup dalam kehidupan sehari hari dan berfungsi sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan Negara yang mencakup berbagai bidang yaitu bidang ideology, politik, ekonomi, social budaya, dan pertahanan keamanan.

2. Kedudukan pancasila sebagai dasar negara

Kedudukan pancasila sebagai dasar Negara Indonesia sangatlah penting karena pancasila merupakan pandangan hidup dalam bertingkah laku yang baik, dan pancasila juga menjadi adalah sumber hukum yang mengatur segala hukum di Indonesia, selain itu pancasila juga sebagaicita cita dan tujuan Negara dan sebagai moral pembangunan.

3. Manfaat dasar negara

Manfaat dari dasar Negara adalah Negara tersebut menjadi lebih baik karena dengan adanya dasar Negara, masyarakat atau rakyat dalam negar tersebut memiliki pandangan hidup atau pedoman hidup yang menjadi dasar kehidupan sehari hari, dan dengan adanya dasar Negara dapat membuat rakyatnya menjadi terarah dalam kehidupan yang baik dan benar karena telah memilikimdasar hidup.

4. Akibat tidak memiliki dasar negara

Jika suatu Negara tidak memiliki dasar Negara mengakibatkan terjadinya kehidupan yang tidak terarah karena tidak adanya pedoman hidup yang di tetapkan oleh penyelenggara pemerintahan.

5. Arti pentingnya dasar negara

Pancasila menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia . Nilai- nilai dalam Pancasila adalah nilai yang mendasar untuk dijadikan pedoman peraturan dan norma yang berlaku di indonesia.