Sebutkan 2 contoh garam parsial asam dan garam parsial basa?

Posted on

Sebutkan 2 contoh garam parsial asam dan garam parsial basa?

Jawaban:

Contoh garam yang terhidrolisis sebagian

Pembahasan

boxed{boxed{bold{Hidrolisis~Garam}}}

Hidrolisis Garam

Hydro berarti air sedangkan lysis berarti penguraian. Maka hirolisis dapat diartikan reaksi larutan dengan air. Ketika anion atau kation dari asam lemah atau basa lemah bereaksi dengan air maka akan mengalami hidrolisis. Jika hidrolisis kation (kation dengan air) akan menghasilkan ion H3O+ (H+), sedangkan jika hidrolisis anion (anion dengan air) akan menghasilkan ion OH-.

boxed{boxed{bold{Diket}}}

Diket

Garam yang terhidrolisis sebagian

boxed{boxed{bold{Ditanya}}}

Ditanya

Contoh

boxed{boxed{bold{Jawab}}}

Jawab

Hidrolisis Parsial Asam

Campuran larutan basa lemah dengan larutan asam kuat akan membentuk garam yang terhidrolisis sebagian di dalam air. campuran larutan ini akan mengalami hidrolisis sebagian dalam air karena anion dari asam kuat tidak akan terhidrolisis sedangkan kation dari basa lemah akan terhidrolisis. Sehingga membentuk hidrolisis parsial basa dengan pH < 7.

————————————————————–

Contoh

NH₄Cl

(NH₄)₂SO₄

NH₄NO₃

AlCl₃

Al₂(SO₄)₃

Al(NO₃)₃

======================================

Hidrolisis Parsial Basa

Campuran larutan basa kuat dengan larutan asam lemah akan membentuk garam yang terhidrolisis sebagian di dalam air. Campuran larutan ini akan mengalami terhidrolisis sebagian dalam air karena anion dari asam lemah akan terhidrolisis sedakangkan kation dari basa kuat tidak akan terhidrolisis. Sehingga membentuk hidrolisis parsial basa dengan pH > 7.

————————————————————–

Contoh

CH₃COONa

NaCN

CH₃COOK

KCN

(CH₃COO)₂Ba

Ba(CN)₂

(CH₃COO)₂Mg

Mg(CN)₂

Kesimpulan

garam yang terhidrolisis sebagian adalah campuran larutan basa lemah dengan asam kuat atau larutan basa kuat dengan asam lemah