temukan makna dari pantun rasa manis buah semangka rasa tomat si buah ranti tak baik membantah orang tua dosa berat akan sampai mati

Posted on

temukan makna dari pantun rasa manis buah semangka rasa tomat si buah ranti tak baik membantah orang tua dosa berat akan sampai mati

Jawaban Terkonfirmasi

Maksud pantun ‘Rasa manis buah semangka, rasa tmat si buah ranti, tak baik membantah orang tua, dosa berat akan sampai mati’ adalah bahwa wajib bagi seorang anak patuh dan taat kepada kedua orang tuanya. Adapun mereka yang membantah, melawan dan melanggar perintah orang tua akan mendapatkan dosa besar yang akan ia pertanggungjawabkan di akhirat kelak.

» Pembahasan

Dalam islam, adalah wajib bagi seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya. Ini adalah perintah Allah SWT langsung yang bisa dijumpai di dalam Al-Quran.

Berbakti kepada kedua orang tua dalam islam dinamakan dengan BIRRUL WALIDAIN. Birrul Walidain ini adalah jihad yang sebenar-benarnya bagi seorang anak. Bahkan Rasulullah SAW pernah melarang seseorang ikut berjihad di medan perang dan memerintahkannya untuk kembali kepada orangtuanya dan membahagiakan mereka.

Berbakti kepada kedua orang tua akan mendatangkan banyak kebaikan bagi seseorang, di dunia juga di akhirat kelak.

» Pelajari Lebih Lanjut:

» Detil Jawaban

Kode           : –

Kelas          : SMP

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Perilaku Terpuji

Kata Kunci : Birrul, Walidain, Berbakti, Orangtua