Bagaimana hubungan jari-jari ionik dengan pertambahan nomor atom​

Posted on

Bagaimana hubungan jari-jari ionik dengan pertambahan nomor atom​

Jawaban Terkonfirmasi

Hubungan jari-jari ionik dengan bertambahnya nomor atom dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin kecil dan jumlah proton dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar.

Pembahasan

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom terhadap elektron paling luar. Proton menunjukkan massa suatu atom. Untuk atom netral jumlah proton sama dengan jumlah elektron, sehingga dalam satu periode dari kiri ke kanan yang nomor atomnya naik jumlah proton juga semakin banyak.

Semakin bertambahnya nomor atom suatu unsur dalam satu periode (dari kiri ke kanan) semakin pendek, karena dalam satu periode memiliki jumlah kulit yang sama tetapi nomor atom semakin bertambah, maka gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin kuat, sehingga atom semakin mendekat ke inti. Dengan mendekatnya elektron ke inti maka jari jari semakin pendek.

Proton terletak pada inti atom. proton menentukan setengah dari massa atom (Mr). Untuk atom netral yang jumlah proton sama dengan elektron, sedangkan jumlah elektron ditunjukkan oleh nomor atom, maka semakin besar nomor atomnya jumlah proton juga semakin banyak. Dalam satu periode ditunjukkan semakin ke kanan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang jari-jari atom brainly.co.id/tugas/847810

2. Materi tentang proton brainly.co.id/tugas/301316

3. Materi tentang kecenderungan sifat periodik brainly.co.id/tugas/1239826

—————————–

Detil jawaban

Kelas : X

Mapel : Kimia

Bab : Sistem Periodik Unsur

Kode : 10.7.3

Kata Kunci : jari-jari atom, nomor atom, sistem periodik unsur, jumlah proton