Acara ritual yang dilakukan anak laki laki sebelum besunat adalah​

Posted on

Acara ritual yang dilakukan anak laki laki sebelum besunat adalah​

Jawaban:

Ritual Anak Laki-Laki Sebelum Disunat. 15 anak di Dusun Pesanggrahan Kota Batu, Jawa Timur, menjalani ritual Jamasan Sukmo Pusoko Rogo. Ritual ini merupakan tradisi ruwatan anak laki-laki sebelum dikhitan. ritual ini untuk mengantarkan anak laki-laki memasuki masa akil baligh atau memasuki masa dewasa.

Semoga membantu

Maaf kalau salah

Jawaban:

Tradisi khitanan atau biasa disebut sunatan merupakan salah upacara yang dilaksanakan sebagai simbol menuju kedewasaan dan perubahan estetika seksualitas. Di dalam agama islam sendiri, sunat bagi laki laki yang memasuki masa baligh hukumnya wajib. Namun, di beberapa tempat di Indonesia, tradisi tersebut sebagai penghormatan kepada leluhur. Berikut ini beberapa tradisi khitan yang ada di Indonesia.

Beberapa Tradisi Sunatan yang Ada di Indonesia

1. Ritual Sunat di Aceh Selatan

Ritual sunat yang ada di Aceh Selatan tidak jauh berbeda dengan di wilayah Indonesia lainnya. Hanya saja, ada beberapa ritual yang harus dilaksanakan dengan menolak bala dan simbol menuju kedewasaan seseorang. Wilayah ini, sunat dapat dilakukan baik untuk anak laki-laki maupun perempuan. Sedangkan yang membedakan adalah pemotongan waktu ketika tamu undangan sudah datang.

ini arak-arakan manten sunat Tradisi Khitanan

Adapun rangkaian tradisi sunatan di daerah ini yaitu duduk rami (persiapan dengan pembahasan acara sunatan oleh keluarga), bainai (memakaikan pacar di kuku tangan dan kaki anak yang disunat), basuntiang (pemberkatan adat yang dilakukan oleh beberapa tetua dalam keluarga). Selanjutnya, puncak acara dengan melaksanakan kanduri urang datang (anak yang disunat duduk di panggung dan bersalaman dengan tamu yang datang dan mandi mancuak (memandikan anak yang akan disunat).

2. Ritual Sunat di Sunda

Wilayah Bandung dan sekitarnya masih kental dengan adat Sunda. Salah satunya ritual sunat yang gabungan antara hukum islam dan tradisi masyarakat sehingga membentuk ritual yang unik. Pada zaman dulu, orang Sunda menggunakan jasa bengkok yang merupakan alat untuk khitan yang terbuat dari bambu. Biasanya anak yang akan disunat, diiring dengan tanduk berbentuk singa yang disebut dengan sisingaan dan diiring keliling desa.

3. Ritual Sunat di Yogyakarta

Mungkin saat ini ritual khitanan di daerah ini sudah jarang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Namun sebenarnya ritual sunat yang ada di Yogyakarta memiliki nilai khusus. Adapun urutan ritual sunat yang dilakukan yaitu majang (pemasangan bleketepe di rumah yang punya hajat), tarub (pemasangan janur kuning dan peneduh), siraman dan ngabekten (yaitu ritual memandikan anak yang disunat dengan kembang) dan gress (pemotongan kulit kepala kemaluan.

4. Ritual Sunat di Jawa Tengah

Tradisi sunat di Jawa Tengah memiliki upacara adat yang lebih sederhana. Biasanya tradisi ini diawali dengan mengundang kerabat di sekitar. Kemudian, anak yang akan disunat akan menjalani malam pegasan (pemotongan kulit kepala kemaluan). Setelah ritual tersebut telah selesai, maka keluarga akan melakukan kenduri. Biasanya makanan yang dihidangkan pada saat kenduri yaitu nasi tumpeng dan beberapa lauk seperti serundeng, sayur urap, thontho, peyek.

ini macam Macam Tradisi Khitanan

5. Ritual Sunat di Tengger, Jawa Timur

Salah satu daerah dengan ritual yang cukup unik yaitu Tengger, Jawa Timur. Di tempat ini, orang yang berhak melakukan sunat adalah dukun tetua yang dibantu asistennya. Ritual diawali dengan dukun yang membacakan mantra sembari mengaduk air di dalam kuningan dengan pisang gulung. Selanjutnya dukun akan memercikkan udara gentong dengan seikat daun beringin. Kemudian beberapa sesaji di bawah kursi, dan dukun akan memotong anak laki-laki.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

MAAF KALAU SALAH

"TOLONG JADIKAN JAWABAN TERCERDAS"

TERIMA KASIH