Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan​

Posted on

Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan​

Penjelasan dengan langkah-langkah:

-Belajar dengan tekun.

-Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat Saling menghormati antarsesama 2.

-Dll,

Semoga bermanfaat:)

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Kemerdekaan telah diraih dengan susah payah di masa lalu oleh para pahlawan kita yang mengorbankan jiwa dan raga mereka.

Kita, sebagai warga masyarakat dapat memaknai kemerdekaan dengan banyak cara.

Nah, yang pertama sebagai siswa.

Sebagai seorang siswa, kita bisa memaknai kemerdekaan ini dengan mengikuti upacara bendera dengan sepenuh hati. Renungkanlah jasa para pahlawan saat sang saka merah putih dikibarkan.

Selain itu, kita bisa belajar dengan sungguh sungguh dan memaknai kemerdekaan lewat mempelajari pendidikan kewarganegaraan.

Sebagai masyarakat dan warga negara, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mencintai produk Indonesia. Mudah dan biasa biasa saja memang. Tapi, lewat mencintai produk indonesialah kita belajar untuk mencintai negeri kita.

Kita bisa memaknai kemerdekaan dengan melestarikan budaya kita, kebudayaan yang dipertahankan sejak lama, yang merupakan kekhasan negara kepulauan kita. Kita bisa entah mengikuti pelatiham tari tradisional, mendendangkan lagu-lagu daerah.

Ikut serta dalam kegiatan sosial. Kenapa harus? Kan tidak ada hubungannya dengan 17 Agustus? Nah. Memaknai dan mempertahankan kemerdekaan bukan artinya pada tanggal 17 agustus saja. Dengan mengikuti kegiatan sosial, artinya kita berkomitmen untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Misalnya membantu rakyat miskin. Atau misalnya, membantu korban banjir Jakarta. Kedamaian dan kesejahteraan masyarakat itu bukan hanya merupakan tugas pemerintah saja. Namun juga merupakan tugas kita bersama. Jika bisa membantu sesama mengapa tidak?

Semoga bermanfaat.