Contoh novel judul dan isinya

Posted on

Contoh novel judul dan isinya

Judul Novel : Laskar Pelangi

Penulis Novel : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Pertama Terbit : 2005

Jumlah Halaman Novel : 529 halaman

Sinopsis novel Laskar pelangi – Mengenai novel sendiri yaitu rumusan cerita novel. Rangkuman novel yang ditulis dalam wujud pemendekan dari sebuah novel dengan konsisten mengutamakan unsur-unsur intrinsik dalam sebuah novel tersebut.

Membuat sinopsis yaitu suatu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan karangan novel yang terlalu panjang dalam wujud tulisan yang singkat.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SINOPSIS

Membaca dan memahami naskah absah terutama dahulu untuk mengenal kesan, pesan umum yang dikenalkan oleh pengarang

Mencatat gagasan-gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan-gagasan yang penting

Menulis rumusan (sinopsis) berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunkan kalimat yang efektif, padat dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang bisa menandakan karangan absah

APA YANG MENARIK DARI NOVEL LASKAR PELANGI?

Menyebutkan garis besar novel ini diangkat dari kisah riil yang dialami oleh si penulis sendiri. Buku “Laskar Pelangi\” Diawali perihal kisah masa kecil si kecil-si kecil desa dari suatu komunitas melayu yang bisa dikatakan amat miskin di Belitung. Kisah orang-orang ‘kecil’ yang berusaha untuk mengoreksi masa depan mereka.

Yang dari kisah miris dunia pendidikan di indonesia dimana sebuah terdapat sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup.

Tepatnya di SD Muhammadiyah Belitung. Pada ketika itu yaitu ketika yang menegangkan bagi kesembilan murid yang menimba ilmu di SD Muhammadiyah ini. Kesembilan Murid Ia yaitu Ikal, Sahara, Lintang, A kiong, Kucai, Syahdan, Borek, A ling dan terepani.

Mereka tengah cemas karena SD Muhammadiyah yang mereka tempati akan ditutup kalau murid yang menimba ilmu di SD tersebut tidak genap sepuluh. Mereka amat cemas. SD Muhammadiyah adalh SD tertua di desa Belitung, Sehingga kalau ditutup akan kasihan pada keluarga mereka karena tidak kapabel menyekolahkan si kecil-buah hatinya yang berharap menimba ilmu. Disinilah perjalanan mereka dimulai.

Pada ketika seluruh murid telah galau datanglah Harun, Seorang yang memiliki keterbelakangan mental. Walhasil yaitu seorang pahlawan karena ia menyelamatkan ke sembilan temannya yang berharap terus menimba ilmu serta menyelamatkan berdirinya SD Muhammadiyah belitung tersebut.

Unsur karena murid yang teregistrasi disekolah tersebut genap 10, sekolah dengan bangunan ala kadarnya tersebut konsisten diperbolehkan beraktifitas seperti sekolah pada lazimnya. Ke sepuluh murid tersebut yaitu murid para laskar pelangi. Sebuah nama yang diberi oleh guru mereka yang bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka kepada keindahan pelangi.

Tokoh dalam novel ini yaitu Lintang, Ikal, Mahar, Sahara, Syahdan, A kiong, Borek, Kucai, Trapani, A ling, Harun, Bu silmah, Pak Harfan, Flo. Mereka seluruh yaitu teman yang kisahnya memikat dunia melalui tangan dingin sang penulis.

saya hanya tau itu…. maaf bila salah

KAYANYA ITU CERITA NOVEL K

Gambar Jawaban