Dari mana asal uang?Kenapa namanya uang?

Posted on

Dari mana asal uang?Kenapa namanya uang?

Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri,
mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimiliki dengan
barang lain yang dibutuhkan olehnya. mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu
untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai
alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum. Kemudian muncul apa yang dinamakan dengan uang logam.
Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi
sehingga digemari umum, tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dipecah
tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Penggunaan uang logam juga sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar sehingga diciptakanlah uang kertas Mula-mula uang kertas yang beredar merupakan bukti-bukti pemilikan emas dan perak sebagai alat/perantara untuk melakukan transaksi.
Nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya
mata uang rupiah pada jaman pendudukan Dai Nippon tepatnya pada saat
terjadinya Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, yang
waktu itu menjadi pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan
Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica.

Semakin lama orang bergantung dengan sistem barter . Lama-lama terdapat masalah baru yang harus dipecahkan. Di antaranya adalah kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan dan juga mau menukarkan barang yang dimilikinya serta kesulitan untuk memperoleh barang yang dapat dipertukarkan satu sama lainnya dengan nilai pertukaran yang seimbang atau hampir sama nilainya.

Untuk mengatasinya, mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum (generally accepted) benda-benda yang dipilih bernilai tinggi (sukar diperoleh atau memiliki nilai magis dan mistik), atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari; misalnya garam yang oleh orang Romawi digunakan sebagai alat tukar maupun sebagai alat pembayaran upah.Karena uang logam diantaranya emas dan perak sulit didapatkan, maka solusi terbaru adalah membuat uang dari kertas. Pembuatan uang kertas pada mulanya hanya sebagai sertifikat dari nilai emas yang disimpan. Namun lambat laun orang-orang modern hanya menggunakan uang kertas sebagai bukti alat tukar saja.