Tumbuhan yang berkembang biak dengan Rhizoma adalah?

Posted on

Tumbuhan yang berkembang biak dengan Rhizoma adalah?

Tumbuhan yang berkembang biak dengan cara Rhizoma adalah jahe, kunyit, kencur, temulawak, lengkuas, dan masih banyak yang lain.

PEMBAHASAN

Perkembangbiakan terdiri atas dua bagian yaitu perkembangbiakan hewan serta tumbuhan. Perkembangbiakan hewan terdiri atas vegetatif (tanpa perkawinan) kemudian generatif (melakukan perkawinan). Pada perkembangbiakan hewan secara vegatatif terdiri atas bertunas dan fragmentasi, kemudian pada genaratif terdiri atas ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Perkembangbiakan tumbuhan terdiri atas vegetatif alami dan vegatatif buatan. Kemudian perkembanganbiakan tumbuhan secara vegatatif alami terdiri dari beberapa jenis yaitu spora, rhizoma, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, geragih, tunas, serta tunas adventif. Lalu perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan yang terdiri dari bebeberapa jenis, terdiri yaitu cangkok, merunduk, stek (batang & daun), mengenten, okulasi, serta merunduk. Nah pada soal ini membahas tentang rhizoma, simak yuk penjelasannyaa :

  • Rhizoma adalah perkembanganbiakan tumbuhan yang dilakukan secara vegetatif alami. Rhizoma atau yang disebut akar tinggal. Batang rhizoma menjalar kebawah kebawah tanah. Rhizoma memiliki bentuk akar yang beruas, kemudian mempunyai memiliki daun yang berbentuk seperti sisik-sisik pada tiap ruas akar serta memiliki mata tunas. Beberapa contoh tumbuhan yang berkembang dengan rhizoma yaitu kunyit, jahe, lengkuas, temu lawak, kencur, dan masih banyak lagi.

PELAJARI LEBIH LANJUT

DETAIL JAWABAN

  • Mata pelajaran : Biologi
  • Kelas : 8
  • Materi : Bab 6 – Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
  • Kode Kategorisasi : 8.4.6

#TingkatkanPrestasimu

Gambar Jawaban