Manusia adalah makhluk yang selalu ingi berkumpula dengan sesamanya (zoon politicon). pendapat tersebut dikemukakan oleh ….

Posted on

a.Anaximandros
b.Aristoteles
c.Socrates
d.Plato

Manusia adalah makhluk yang selalu ingi berkumpula dengan sesamanya (zoon politicon). pendapat tersebut dikemukakan oleh ….

Jawaban Terkonfirmasi

Manusia adalah makhluk yang selalu ingin berkumpul dengan sesamanya (zoon politicon). Pendapat ini dikemukakan oleh Aristoteles (B).

Mari simak pembahasan di bawah ini:

Aristoteles, seorang ahli fikir asal Yunani menyatakan bahwa manusia adalah zoon politicon, artinya pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dengan berkumpul dengan manusia, jadi makhluk yang bermasyarakat. Dari sifat suka bergaul dan bermasyarakat itulah manusia dikenal sebagai makhluk sosial.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak mungkin hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain, karena memang manusia diciptakan Tuhan untuk saling berinteraksi, bermasyarakat atau bersilaturahmi dengan sesama manusia serta dapat saling tolong menolong dalam memenuhi kebutuhannya.  

Manusia sebagai makhluk sosial merupakan mahkluk yang berhubungan secara timbal-balik dengan manusia lain. Interaksi sosial antar individu terjadi ketika dua orang bertemu, interaksi dimulai pada saat itu mereka saling menegeur, berjabat tangan, saling berbicara, atau bahkan mungkin berkelahi. Aktivitas-aktivitas semacam itu merupakan bentuk-bentuk dari interaksi sosial.

Kebutuhan untuk bermasyarakat atau berkumpul dengan sesama merupakan kebutuhan dasar (naluri) manusia itu sendiri.

Ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama sesamanya disebut ilmu sosiologi.

Semoga jawaban ini bisa membantu. Kalian juga bisa mempelajari bab lain yang berkaitan dengan pertanyaan ini.

Pelajari lebih lanjut  

1.  Makhluk sosial brainly.co.id/tugas/416069

2. Ciri-ciri makhluk sosial brainly.co.id/tugas/9043273

—————————–

Detil jawaban

Kelas:  10

Mapel:  Geografi

Bab:  Bab 5 – Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer

Kode:  10.8.5

Kata Kunci:  makhluk sosial, zoon politicon