Berilah 3 contoh kegiatan produksi pemerintah daerah

Posted on

Berilah 3 contoh kegiatan produksi pemerintah daerah

A. Produksi
Produksi ialah kegiatan manusia menghasilkan barang atau menambah daya guna barang dan jasa.
Contoh kegiatan produksi antara lain : dalam bidang pertanian misalnya, petani mengerjakan sawah. Dalam bidang perikanan misalnya, nelayan menangkap ikan. Dalam bidang industri misalnya, pembuatan roti, minuman. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
B. Konsumsi.
Konsumsi ialah pemanfaatan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan, sehingga kegunaan barang atau jasa itu secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis.
Contoh kegiatan konsumsi : yang sekaligus habis makanan, minuman. Yang berangsur-angsur habis kegunaannya : menggunakan baju, tas, sepatu, dan lain-lain. Orang yang melakukan kegitan konsumsi disebut konsumen.
C. Distribusi.
Distribusi ialah kegiatan usaha penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.
Contoh kegiatan distribusi : barang-barang hasil industri, kebanyakan dibuat di kota, tetapi orang-orang di desa juga membutuhkan barang tersebut seperti : kendaraan, kosmetik, sabun, TV, dan lain-lain. Untuk itu barang barang tersebut harus dibawa ke desa lewat saluran distribusi seperti : pedagang, agen, grosir dan lain-lain. orang-orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.