Jelaskan pengusaha dalam menjalankan usahanya/perusahaannya dapat melalui beberapa cara sebutkan dan jelaskan

Posted on

Jelaskan pengusaha dalam menjalankan usahanya/perusahaannya dapat melalui beberapa cara sebutkan dan jelaskan

Jawaban Terkonfirmasi

Jelaskan pengusaha dalam menjalankan usahanya/perusahaannya dapat melalui beberapa cara sebutkan dan jelaskan, cara menjalankan usaha dapat dengan cara sebagai berikut

1. Menentukan bisnis, sebelum kita memulai usaha, kita dapat menentukan ide bisnis kita terlebih dahulu, dengan adanya ide bisnis, kita bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis kita dan apa saja kendala yang akan menjadi kendala dalam bisnis kita.

2. Sumber usaha, setelah menentukan ide langkah selanjutnya adalah mencari sumber untuk kerja kita. Sumber usaha selalu identik dengan modal. Apabila kita tidak memiliki modal, kita bisa mencarinya melalui proposal usaha. Diperlukan proposal usaha yang terencana agar kita dapat mendapatkan investor.

3. Promosi, setelah usaha kita berjalan. Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi agar bisnis atau usaha kita dapat semakin dikenal banyak orang. Di era sekarang, banyak cara untuk melakukan promosi gratis yang memiliki efek luas.

4. Memperluas usaha, memperluas usaha bisa disebut juga dengan ekspansi. Ekspansi dilakukan apabila satu usaha kita sudah mapan, dan membutuhkan perluasan usaha agar keuntungan semakin banyak.

5. Kontrol, melakukan kontrol terhadap usaha wajib dilakukan, dengan melakukan kontrol usaha kita dapat mencegah hal-hal yang tidak diiniginkan. Salah satu cara mengkontrol usaha adalah membuat SOP.

Demikian pembahasan mengenai cara pengusaha menjalankan usahanya antara lain dengan cara menentukan ide bisnis, sumber usaha, promosi, memperluas usaha dan yang terakhir adalah melakukan kontrol.

Untuk membaca materi lainnya mengenai dunia usaha dapat dibaca pada link berikut

Pengertian rencana usaha brainly.co.id/tugas/9843474
Rencana usaha kerajinan brainly.co.id/tugas/10417822

Detil tambahan
Kelas : 3 SMA
Materi : Cara menjalankan usaha
Kata kunci : Cara menjalankan usaha