paham yang memiliki sudut pandang bahwa menempatkan kelompok sendiri di atas kelompok yang lain disebut

Posted on

paham yang memiliki sudut pandang bahwa menempatkan kelompok sendiri di atas kelompok yang lain disebut

Jawaban Terkonfirmasi

Paham yang memiliki sudut pandang bahwa menempatkan kelompok sendiri di atas kelompok yang lain adalah paham etnosentrisme. Etnosentrisme adalah keyakinan suatu kelompok terhadap superioritas etnis dan budayanya sendiri sehingga menganggap rendah kelompok lain diluar kelompoknya.  Etnosentrisme menjadikan kebudayaan sendiri sebagai patokan dalam mengukur baik buruk, tinggi rendah, serta benar atau tidaknya kebudayaan lain berdasarkan standar kebudayaannya sendiri. Hal ini terwujud dengan adanya kesetiakawanan yang kuat antar anggota terhadap kebudayaannya sendiri, tidak adanya kritikan terhadap kelompok etnis atau bangsa sendiri, disertai prasangka negatif terhadap kelompok etnis atau bangsa lain.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa etnosentrisme adalah suatu sikap, perilaku dan pola pikir dari suatu kelompok sosial berdasarkan etnis tertentu, yang memiliki in-group feeling yang kuat, menganggap bahwa segala sesuatu yang termasuk dalam kebiasaan, nilai, keyakinan, pandangan, sikap, perilaku dan pemikiran kelompoknya sebagai segala sesuatu yang terbaik dibandingkan dengan yang dimiliki kelompok sosial lain.

Secara sederhana, konsep etnosentrisme dapat dikatakan sebagai konsep hubungan sosial antar anggota dalam kelompok dengan anggota luar kelompok yang mana hubungan itu biasanya lebih banyak dilakukan oleh anggota dalam kelompok daripada anggota luar kelompok, sehingga orang yang memiliki sikap etnosentris yang tinggi akan banyak berhubungan dengan sesama anggota dalam kelompoknya dibandingkan dengan orang di luar kelompoknya. Hal ini disebabkan etnosentrisme mengandung dua dimensi sikap yang positif dan negatif.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang dampak positif dan negatif etnosentrisme brainly.co.id/tugas/8785721

2. Materi tentang contoh etnosentrisme brainly.co.id/tugas/5415387

3.Materi tentang cara mengatasi etnosentrisme brainly.co.id/tugas/2148811

—————————–

Detil Jawaban

Kelas : 2 SMA

Mata Pelajaran : Sosiologi

Kategori : Bab 3 – Konflik dan Integrasi Sosial

Kode : 11.20.3

Kata Kunci : etnosentrisme

Disintegrasi yg berarti menganggap sukunya lebih kuat drpada suku suku yg lain.