Sebutkan bentuk bentuk prilaku menyimpang bedasarkan jumlah orang yang melakukannya

Posted on

Sebutkan bentuk bentuk prilaku menyimpang bedasarkan jumlah orang yang melakukannya

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Bentuk-bentuk perilaku menyimpang menurut jumlah orang yang melakukannya adalah:  

  • Perilaku menyimpang individu.  
  • Perilaku kelompok yang menyimpang.  
  • Campuran perilaku menyimpang.  
  • Terutama perilaku menyimpang.  
  • Perilaku menyimpang sekunder.  

 

Penjelasan:

Faktor penyebab penyimpangan sosial

Faktor internal, termasuk tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin, dan kedudukan seseorang dalam keluarga. Faktor eksternal, di antaranya kehidupan rumah tangga atau keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan, dan media massa.

  1. Penyimpangan perseorangan adalah penyimpangan yang dilakukan secara perorangan dengan cara-cara yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku. Contoh bentuk perilaku menyimpang ini adalah anak yang durhaka kepada orang tua, orang yang tidak bermoral, pejabat/pegawai yang melakukan korupsi; Penggunaan narkoba, mabuk-mabukan, penipuan, dll.  
  2. Penyimpangan kelompok adalah penyimpangan yang dilakukan secara kelompok dengan melakukan tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku. Contoh dari jenis penyimpangan ini adalah: perkelahian antar geng atau antar kelompok pelajar, perampokan, pemberontakan oleh sekelompok orang terhadap pemerintah mereka, perdagangan narkoba, prostitusi, penonton sepak bola atau musik yang keras, dll.  
  3. Penyimpangan campuran adalah perilaku menyimpang yang umumnya dilakukan oleh seseorang atau individu yang merupakan bagian dari suatu kelompok yang tidak dapat memenuhi nilai atau standar yang berlaku pada suatu lingkungan. Contoh penyimpangan campuran adalah sindikat narkoba, sindikat uang palsu atau demonstrasi yang berujung pada penyitaan massal.  
  4. Penyimpangan Primer Penyimpangan primer disebut juga penyimpangan kecil, dan para pelaku penyimpangan ini umumnya tidak mengetahui bahwa mereka telah melakukan penyimpangan.Penyimpangan primer (kebetulan) tidak terjadi terus menerus dan umumnya tidak terlalu merugikan orang lain. Burlian (2016: 45). Contoh penyimpangan primer adalah ngebut di jalan karena kepentingan mendesak, pelanggaran peraturan lalu lintas, bolos sekolah.  
  5. Penyimpangan sekunder juga dikenal sebagai penyimpangan parah. Perilaku menyimpang biasanya dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus oleh seseorang, meskipun pelakunya telah dihukum. Bentuk gangguan ini mengarah pada tindakan kriminal seperti pembunuhan, perampokan, dan pencurian. Dilarang, perampokan, perampokan, pembunuhan, penjudi dan pemabuk.  

Pelajari lebih lanjut:

  1. Pelajari lebih lanjut materi tentang penyimpangan sosial brainly.co.id/tugas/4328742
  2. Pelajari lebih lanjut materi tentang jenis-jenis perilaku menyimpang brainly.co.id/tugas/37691745

#BelajarBersamaBrainly