10 jawaban yh kak terima kasih

Posted on

10 jawaban yh kak terima kasih

10 jawaban yh kak terima kasih

Jawaban Terkonfirmasi

sholat adalah ibadah wajib yang disyariatkan oleh ALLAH kepada hambanya. Sholat berjamaah adalah sunnah Rasulullah, yaitu sholat yang dikerjakan bersama-sama ditempat adzan dikumandangkan.

PEMBAHASAN

Adik-adik sholat adalah ibadah utama dalam islam. Tidak ada hal yang lebih penting setelah kalimat thoyibbah selain sholat. Dikatakan dalam sebuah hadist bahwa sholat ini merupakan tiang agama, orang yang tidak sholat berarti sedang menjatuhkan agama. Dan dikatakan pula dalam sebuah hadist bahwa sholat ini kuncinya surga. Barangsiapa yang sholatnya terjaga maka ia ada dalam jaminan ALLAH, dan mereka yang tidak terjaga sholatnya maka terlepas dari jaminan ALLAH. Maka dari itu penting kita mengetahui rukun-rukun sholat.

Bagi laki-laki muslim yang baligh dan waras ( tidak gila ) maka wajib sholat di masjid ( tempat adzan dikumandangkan) secara berjamaah diawal waktu. Karena ini merupakan sunnah dari Rasulullah yang paling utama. Karena kita diperintahkan untuk sholat sebagaimana beliau sholat. Sesuai dengan hadist berikut :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kedatangan seorang lelaki yang buta. Ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku tidak memiliki seorang penuntun yang menuntunku ke masjid.’ Maka ia meminta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memberinya keringanan sehingga dapat shalat di rumahnya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberinya keringanan tersebut. Namun ketika orang itu berbalik, beliau memanggilnya, lalu berkata kepadanya, ‘Apakah engkau mendengar panggilan shalat?’ Ia menjawab, ‘Ya.’ Beliau bersabda, ‘Maka penuhilah panggilan azan tersebut.’ (HR. Muslim, no. 503)

Ketentuan sholat jamaah dan alasannya  :

1. Membaca Al  Fatihah ( rukun sholat )

2. Membaca surat pendek ( sunnah sholat )

3. Ruku ( rukun sholat )

4. Itidal  ( rukun sholat )

5. Sujud ( rukun sholat )

6. Duduk diantara dua sajud ( rukun sholat )

7. Duduk tahiyat awal ( sunnah sholat )

8. Duduk tahiyat akhir ( rukun sholat )

9. Membaca tahiyat akhir dan sholawat atas Rasul ( rukun sholat )

10. Salam ( rukun sholat )

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soal perkara agama lain, adik-adik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAH jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

Cakupan makna ulil amri adalah

cek di sini brainly.co.id/tugas/7876243

Jelaskan isi kandungan surat al-hajj ayat 1-2!

cek di sini brainly.co.id/tugas/8486080

Apa isi kandungan surah al ahzab ayat 32-33 sebagai perintah pertama menutup aurat?

cek di sini brainly.co.id/tugas/7756417

Oke adik adik Semangat!  Jangan lupa jadikan jawaban TERBAIK !

#optitimcompetition

………………………………………………………………………………………………………………………………………

DETAIL JAWABAN

Kelas :  IV

Pelajaran : Agama

Kategori : Bab 5 – Ketentuan Salat

Kode : 4.14.5

Kata Kunci : sholat berjamaah, sholat munfarid, rukun sholat , sunnah sholat, imam, makmum

Gambar Jawaban