Buatlah rangkuman tentang kondisi geografis indonesia​

Posted on

Buatlah rangkuman tentang kondisi geografis indonesia​

Jawaban:

Berdasarkan letak geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Serta Indonesia terletak di antara samudera Hindia dan samudera Pasifik. Karena letak geografisnya itu, Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur.

Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Pasifik di sebelah timur Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.  

Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah,yaitu:

Di sebelah utara : Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan Di sebelah selatan : Timor Leste, Australia, Samudra Hindia. Di sebelah barat : Samudra Hindia Di sebelah timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik.  

Dampak positif letak geografis bagi Indonesia:

Letaknya strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia.  Terjadinya eksport dan import yang luas  Indonesia terletak di antara negara‐negara berkembang  Menunjang perdagangan di Indonesia  

Dampak negatif letak geografis bagi Indonesia :

Masuknya budaya budaya yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat Indonesia.