Tuliskan dan jelaskan pengertian dari mujahadah an nafs husnudzan dan Ukhuwah ​

Posted on

Tuliskan dan jelaskan pengertian dari mujahadah an nafs husnudzan dan Ukhuwah ​

1. Pengertian Mujahadah

Mujahadah an nafs sering disebut juga dengan kontrol diri, yaitu perjuangan sungguh-sungguh atau jihad melawan ego atau nafsu pribadi. Kontrol diri seringkali diartikan sebagai kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa kearah konsekuensi positif, kontrol diri pun merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan dan digunakan individu selama proses-proses dalam kehidupan.

Jika kita menilik secara hakiki, nafsu diri atau disebut sebagai hawa nafsu merupakan poros kejahatan. Karena, nafsu diri memiliki kecenderungan untuk mencari berbagai kesenangan. Inilah kenapa Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa jihad melawan nafsu lebih dahsyat daripada jihad melawan musuh.

2. Pengertian Ukhuwah

Ukhuwah adalah ikatan jiwa yang melahirkan perasaan kasih sayang, cinta dan penghormatan yang mendalam terhadap setiap orang, dimana keterpautan jiwa di tautkan oleh ikatan akidah Islam, iman dan taqwa. Ukhuwah ini sangat identik dengan kerukunan yang dimiliki umat islam.

3. Pengertian Husnudzan

Kata Husnuzhan berarti berprasangka baik atau sering disebut juga positive thinking. Lawan kata husnuzhan adalah su’uzhan, artinya berprasangka buruk. Dalam penerapannya husnuzhan ada tiga, yaitu husnuzhan kepada Allah SWT, husnuzhan kepada diri sendiri, dan husnuzhan kepada sesama manusia.

Maaf klo salah >_<